Tuesday , June 2 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Singapura Larang Para Guru Gunakan Zoom

Singapura Larang Para Guru Gunakan Zoom

foto : Zoom

Singapura Larang Para Guru Gunakan Zoom

lebakcyber.net – Singapura larang para guru gunakan Zoom. Kementerian Pendidikan di Singapura memberikan perintah untuk menghentikan penggunaan aplikasi Zoom oleh para guru. Keputusan tersebut diambil setelah terjadinya insiden yang dianggap sangat serius pada aplikasi layanan konferensi video yang saat ini sedang naik daun tersebut.

Dikutip dari halaman Reuters, insiden yang dimaksud tersebut adalah suatu insiden yang biasa disebut dengan istilah Zoom bombing, dimana muncul orang yang tidak dikenal pada saat pertemuan atau video konferensi dilakukan saat menggunakan aplikasi Zoom. Dan salah satu insiden Zoom Bombing tersebut menimpa kelas geografi yang pada saat itu dihadiri oleh 39 siswa.

Pada saat video conference berlangsung, tiba-tiba saja muncul pria asing kedalam meeting dan mengeluarkan gambar dan juga kalimat mesum.

Advertisements

Kejadian seperti itu yang akhirnya pemerintah Singapura memutuskan untuk menghentikan penggunaan aplikasi Zoom sebagai media untuk melakukan kelas virtual di Singapura karena dianggap tidak memiliki keamanan yang layak.

Aaron Loh dari Kementerian Pendidikan di Singapura mengatakan bahwa kejadian atau insiden tersebut bisa dikategorikan sangat serius, dan Kementerian Pendidikan pada saat ini sedang melakukan investigasi dan akan segera melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian jika memang diperlukan.

Advertisements

Aaron juga menambahkan keterangannya kepada BBC bahwa sebagai salah satu langkah pencegahan, guru-guru di Singapura akan menghentikan penggunaan aplikasi Zoom sampai masalah keamanan yang menimpa aplikasi tersebut bisa diselesaikan.

Belakangan ini aplikasi Zoom memang sedang mendapat banyak sekali sorotan terkait isu keamanan dan juga privasi para penggunanya.

Seiring dengan semakin meningkatnya pengguna aplikasi mereka di saat banyak warga yang bekerja atau belajar di rumah. Lalu bagaimana tanggapan pihak Zoom mengenai peristiwa yang terjadi di Singapura tersebut?

Juru bicara Zoom mengatakan bahwa pihaknya sangat kesal mendengar insiden kejadian yang terjadi di Singapura tersebut. Zoom juga mengutuk perbuatan tersebut dan mendorong kepada para penggunanya untuk melaporkan kejadian tersebut secara langsung sehingga pihak Zoom dapat mengambil langkah dan juga tindakan yang tepat.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Saran BSSN agar tidak jadi korban Zoombombing

Saran BSSN Agar Tidak Jadi Korban Zoombombing

Saran BSSN Agar Tidak Jadi Korban Zoombombing lebakcyber.net – Saran BSSN agar tidak jadi korban …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *