Wednesday , May 22 2024

Setting Proxychains di Kali Linux

Setting Proxychains di Kali Linux

lebakcyber.net – Setting Proxychains di Kali Linux. Pada kesempatan kali ini kita akan coba untuk mengatur tools Proxychains pada sistem operasi Kali Linux. Proxychains sendiri merupakan sebuah tools yang biasa digunakan oleh black hat ataupun white hat hacker dalam melakukan pekerjaannya.

Saat seorang hacker menyerang suatu sistem dengan menggunakan Proxychains bisa membuat pemilik sistem kesulitan untuk mentrace sumber dari serangan. Proxy server akan berada diantara komputer penyerang dan komputer yang menjadi target.

Kebutuhan Untuk Tools Proxychains

  • Memiliki sistem operasi Kali Linux
  • Memiliki pengetahuan dalam menggunakan terminal
  • Memiliki editor yang sudah terinstall (pada contoh ini kita akan menggunakan nano)

Fitur Proxychains

  • Proxychains memungkinkan kita untuk menggunakan proxy yang berbeda yang ada di daftar proxy.
  • Memiliki dukungan berbagai metode chaining yang berbeda. Proxychains sendiri menggunakan tiga tipe metode chains (rantai), yaitu string chain, random chain dan dynamic chain yang juga dikenal dengan istilah smart option.
  • Proxychains support server proxy untuk HTTP, Socks 4 dan Socks 5.
  • Aplikasi TCP klien yang berbeda dan di handle saat menggunakan tools Proxychains.

Mendapatkan Proxy untuk Menyeting Proxychains

Sebelumnya kita harus mendapatkan beberapa proxy dan menambahkannya ke pengaturan Proxychains. Di internet bisa kita cari beberapa servis proxy gratis, misalnya kita bisa melihat daftar proxy yang disediakan secara gratis di situs : https://free-proxy-list.net/

Pada contoh ini kita akan menggunakan Socks4 proxy untuk daftar proxy kita. Jadi kita pilih dulu daftar proxy dari situs free proxy list diatas yang meneggunakan Socks4.

Setelah itu kita edit file proxychains.conf pada sistem Kali Liux. Untuk memuka file proxychains.conf kita akan menggunakan perintah nano yang merupakan text editor berbasis command line, masukan perintahnya seperti berikut ini :

nano /etc/proxychains4.conf

Setting Proxychains di Kali Linux

Selanjutnya uncomment chaining type karena pada contoh ini kita akan menggunakan metode dynamin_chain. Contohnya seperti gambar dibawah ini :

Tambahkan beberapa proxy server kedalam list yang berada di paling bawah file proxychains4.conf seperti pada gambar dibawah ini :

Oke sekarang kita sudah bisa menggunakan proxychains pada aplikasi atau tools yang ingin kita gunakan, misalnya kita ingin menggunakan Proxychains yang dihubungkan dengan firefox, maka perintahnya seperti dibawah ini :

proxychains firefox google.com

Setelah perintah tersebut dimasukan di terminal, maka akan terbuka browser firefox yang menuju halaman google.com dan sudah menggunakan proxy yang telah kita tambahkan kedalam file proxychains4.conf yang sebelumnya telah kita edit.

Semoga tutorial bagaimana melakukan pengaturan tools Proxychains pada sistem operasi kali Linux ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua, terima kasih.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *