Monday , July 23 2018
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Serangan Malware di MacOS Meningkat 270 Persen

Serangan Malware di MacOS Meningkat 270 Persen

foto : lifeofmac

Serangan Malware di MacOS Meningkat 270 Persen

lebakcyber.net – MacOS merupakan sistem operasi buatan Apple yang dianggap memiliki tingkat kemanan yang lebih baik diantara sistem operasi lainnya, namun nyatanya serangan malware di MacOS meningkat 270 persen dibandingkan dengan tahun 2017 lalu.

Sekarang ini baik itu sistem operasi Windows ataupun MacOS sama-sama tidak terbebas dari sasaran serangan cyber. Dikutip dari halaman softpedia, kedua sistem operasi tersebut sering mengalami serangan dari banyak malware yang dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Menurut hasil analisis dari penelitian yang dilakukan oleh perusahaan keamanan Malwarebytes, ancaman malware untuk MacOS buatan Apple tersebut meningkat sampai 270 persen jika dibandingkan dengan serangan malware yang diterima MacOS pada tahun 2017 lalu.

Perusahaan Malwarebytes juga menggaris bawahi bahwa ada malware bernama OSX.MaMi yang ditemukan oleh pengguna dan berusaha untuk membajak pengaturan DNS supaya bisa langsung membuat browsing menuju website-website phising.

MacOS Pernah Diserang Berbagai Malware

Dimasa lalu, MacOS pernah menjadi sasaran malware bernama Dark Caracal, OSX.CreativeUpdate dan OSX.Coldroot yang mampu menembus keamanan dari sistem operasi MacOS.

Karena itu pengguna harus lebih berhati-hati dalam menggunakan sistem operasi MacOS apalagi saat membuka konten dari sumber yang tidak terpercaya atau mengunjungi situs yang tidak dikenal, karena tidak menutup kemungkinan situs-situs yang dikunjungi terdapat malware yang dapat menyerang sistem operasi MacOS.

Thomas Reed selaku ahli keamanan Malwarebytes mengatakan bahwa kebanyakan pengguna Mac menerapkan keamanan yang kurang efektif dalam hal melindungi mereka dari serangan malware dan virus.

Reed juga menambahkan kalau ancaman pada MacOS lebih banyak diajukan oleh adware dan PUP. Yang lebih buruk adalah para pengguna MacOS percaya bahwa tidak ada ancaman yang membuat mereka tidak berhati-hati saat online.

Apple Berjanji Memperbaiki Keamanan MacOS

Pihak Apple sendiri sebenarnya sudah berjanji untuk memperbaiki keamanan pada perangkat lunak yang akan dirilis di masa yang akan datang karena MacOS dan juga iOS diduga memiliki kerentanan dalam hal keamanan beberapa bulan terakhir ini.

Oleh karena itulah Apple diharapkan untuk bisa memfokuskan diri pada fitur baru dan juga lebih banyak menghabiskan waktu untuk meningkatkan keamanan dan juga kinerja dari sistem operasi yang mereka buat tersebut.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *