Wednesday , June 26 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Semua Pengguan Twitter Diminta Ganti Password

Semua Pengguan Twitter Diminta Ganti Password

foto : miled.com

Semua Pengguan Twitter Diminta Ganti Password

lebakcyber.net – Secara tiba-tiba pihak Twitter memberikan himbauan kepada semua pengguna Twitter diminta ganti password yang mereka gunakan untuk login kepada sekitar 330 juta penggunanya. Hal tersebut karena sistem penyimpanan Password di Twitter sempat tidak berfungsi sebagaimana mestinya karena sebuah bug.

Parag Agrawal selaku CTO dari Twitter mengatakan bahwa saat pengguna menyetel password untuk akun Twitter mereka, Twitter menggunakan teknologi untuk menyamarkannya sehingga tidak bisa dilihat oleh siapap pun di lingkup internal perusahaan. Namun belakangan baru diketahui kalau ada sebuah celah keamanan yang menyebabkan password disimpan tanpa disamarkan.

Agrawal juga mengatakan bahwa Twitter menggunakan teknologi hashing cryp yang menjadi standar industri untuk menyamarkan password dimana karakter-karakternya diganti dengan angka dan huruf acak di dalam sistem Twitter.

Namun karena adanya sebuah bug, password malah ditulis didalam log internal dalam bentuk teks asli dan apa adanya yang gampang dan mudah dibaca sebelum proses hashing selesai.

Bug tersebut ditemukan sendiri oleh pihak Twitter dan telah diperbaiki. Namun pengguna Twitter tetap dianjurkan untuk mengambil langkah-langkah antisipasi untuk mencegah masalah serupa timbul kembali.

Twitter juga mengatakan bahwa tidak menemukan indikasi bahwa password para penggunanya yang berbentuk teks asli sudah disalahgunakan oleh siapa pun atau dibawah ke luar dari sistem internal Twitter.

Walaupun begitu, berdasarkan informasi yang dirangkum dari halaman the verge, para pengguna Twitter tetap diminta untuk berjaga-jaga dan memperimbangkan untuk mengganti password di semua layanan dimana mereka menggunakan kata kunci yang sama dengan password Twitter mereka.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *