Wednesday , December 2 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Sekarang Forward Pesan di Messenger Dibatasi

Sekarang Forward Pesan di Messenger Dibatasi

foto : Facebook

Sekarang Forward Pesan di Messenger Dibatasi

lebakcyber.net – Sekarang forward pesan di Messenger dibatasi. Aplikasi berbagi pesan instant sekarang ini sering digunakan untuk menyebarkan informasi yang salah atau hoaks. Hal tersebut tentu saja bisa membahayakan pengguna karena bisa mendapatkan informasi yang menyesatkan.

Agar menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut, aplikasi berbagi pesan Facebook Messenger sekarang menghadirkan fitur baru yang dapat membatasi jumlah pesan yang diteruskan atau forward message. Sekarang pengguna Messenger bisa menerukan pesan ke lima orang dalam satu waktu.

Pembatasan jumlah pesan yang di forward tersebut sebenarnya sudah terlebih dahulu dilakukan oleh aplikasi WhatsApp sejak beberapa bulan yang lalu. WhatsApp juga sudah membatasi jumlah pesan yang diteruskan hanya kepada lima orang saja atau grup dalam sekali forward.

Advertisements

Jay Suliivan selaku Director of Product Management, Messenger Privacy and Safety memberikan keterangan kalau fitur tersebut dihadirkan agar dapat meredam peredaran kabar hoaks, lebih lagi dimanasa pandemi covid-19 seperti sekarang ini dan juga menjelang pemilihan umum yang akan dilaksanakan di Amerika Serikat.

Dalam sebuah blog, Jay mengatakan bahwa membatasi pesan yang di forward merupakan sebuah cara yang efektif agar dapat memperlambat peredaran sebuah kabar hoaks yang membahayakan kalau kabar hoaks tersebut menjadi viral.

Advertisements

Nantinya jika pengguna mencoba untuk meneruskan sebuah pesan ke lima orang ataupun grup sekaligus pada aplikasi Messeger, maka mereka nanti akan disodori dengan sebuah pesan peringatan yang bertulis “forwarding limit reached”.

Mereka juga tidak bisa meneruskan pesan tersebut kepada pengguna lainnya serta terpaksa haru mengklik sebuah tombol “Done”.

Jay juga menambahkan bahwa mereka yakin dengan mengontrol peredaran hoaks adalah hal yang sangat penting pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, apalagi beberapa negara yang ada di dunia juga akan melaksanakan pemiliham umum seperti Selandia Baru dan Amerika Serikat.

Belum dijelaskan apakah para pengguna dapat mengakali fitur tersebut dengan cara meneruskan sebuah pesan yang sama ke lima orang ataupun grup yang berbeda atau tidak.

Tapi yang jelas fitur ini sepertinya dapat memperlambat para pengguna untuk mengirim sebuah pesan berantai kepada puluhan ataupun belasan pengguna dalam satu kali klik.

Dikutip dari halaman Wccftech, Jumat (04/09/2020), fitur keamanan tersebut sudah mulai dirilis pada Messenger versi Android dalam waktu beberapa bulan kedepan.

Namun sampai sekarang belum diketahui kapan para pengguna Messenger yang menggunakan sistem operasi iOS akan mendapatkan fitur pembatas forward message tersebut di Messenger.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Smartphone Yang Digunakan Mark Zuckerberg

Smartphone Yang Digunakan Mark Zuckerberg

Smartphone Yang Digunakan Mark Zuckerberg lebakcyber.net – Smartphone yang digunakan Mark Zuckerberg. Merek smaftphone yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *