Wednesday , December 13 2017
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Satu Miliar Perangkat Android Gunakan OS Jadul

Satu Miliar Perangkat Android Gunakan OS Jadul

foto : Android Central

Satu Miliar Perangkat Android Gunakan OS Jadul

lebakcyber.net – Sistem operasi yang bersifat Open Source biasanya dapat dengan bebas dikembangkan oleh pabrikan gadget manapun. Oleh karena itulah biasanya terjadi fragmentasi dimana versi sistem operasi yang bisa dijalankan oleh masing-masing perangkat. Bahkan ada satu miliar perangkat Android gunakan OS jadul atau Android versi lawas pada perangkat mereka.

Dari 2 miliar perangkat Android yang beredar sampai bulan Mei 2017, didapatkan informasi bahwa hampir satu miliar masih menggunakan sistem operasi jadul, yaitu Android 5.1 Lollipop atau yang lebih lama. Padahal sistem operasi Android Lollipo sendiri sudah berumur 2 tahun sejak diluncurkan pada tahun 2015 lalu.

Hal tersebut diungkapkan oleh seorang analisis engineer hardware yang bernama Dan Luu. Dengan menggunakan basis data versi Sistem Operasi dari populasi perangkat Android secara keseluruhan yang secara rutin setiap bulannya dirilis melalui situs Android Developer, dengan begitu Luu bisa menghitung ada berapa perangkat yang masih menjalankan sistem operasi Android jadul.

Sistem operasi android jadul kemungkinan tidak memiliki patch sekuriti atau keamanan yang baik sehingga menjadikannya lebih rawan terkena serangan cyber atau program bahaya lainnya. Dan juga sistem operasi jadul biasanya sudah tidak dibekali dengan fitur-fitur terbaru dari para developer aplikasi.

Luu juga mengatakan bahwa kecepatan proses adopsi versi Android terbaru belakangan ini mengalami penurunan. Pada android veris 7.0 Nougat misalnya. lebih lambat daripada proses update Android versi 6.0 Marshmallow pada tahun sebelumnya.

Begitu juga dengan Android Oreo 8.0 yang saat ini baru 0.3 persen perangkat Android yang menggunakan sistem operasi terbaru dari Android tersebut sejaka pertama kali dirilis pada akhir Agustus lalu sampai 9 November 2017.

Luu juga berspekulasi mengenai penurunan kecepatan sistem opeasi android terbaru tersebut adalah karena tiga faktor, yang pertama karena pertumbuhan Android yang melambat, angka upgrade perangkat yang menurun, atau jumlah perangkat yang menerima update sistem operasi Android terbaru semakin sedikit.

Google juga selaku pmilik Android sudah melakukan langkah-langkah untuk menekan fragmentasi pada versi sistem operasi Android tersebut. Misalnya dengan menggelar acara Project Treble untuk perangkat-perangkat Android 8.0 Oreo.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net

Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *