Wednesday , June 26 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Satelit Merah Putih Sukses Mengorbit di Angkasa

Satelit Merah Putih Sukses Mengorbit di Angkasa

foto : tribunnews

Satelit Merah Putih Sukses Mengorbit di Angkasa

lebakcyber.net – Setelah proses peluncuran yang memakan waktu selama 32 menit, akhirnya satelit merah putih sukses mengorbit di angkasa. Satelit tersebut lepas landas dari SpaceX Cape Canaveral, Air Force Station, Florida, Amerika Serikat.

Satelit milik Telkom tersebut diketahui lepas dari roket yang membawanya dari ketinggian 500 kilometer dengan kecepatan 33.920 kilometer per jam. Proses pelepasan satelit juga berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti.

Proses peluncuran Satelit Merah Putih sendiri dimulai dari startup, liftoff, entry burn, landing burn, second engine cutoff, stage 1 landing, second engine startup, secon engine cutoff sampai proses deploy, dan semuanya berjalan dengan sempurna.

Satelit Merah Putih diluncurkan dengan menempati slot orbitnya di 108 derajat Bujur Timur (108 BT) dan mengandalkan platform SSL 1300 dengan usia desain sampai 16 tahun.

Direktur Utema Telkom Indonesia, Alex J. Sinaga dan juga menteri BUMN Rini M. Soemarno sebelum proses peluncuran berlangsung sempat meninjau Satelit Merah Putih di Amerika Serikat. Peninjauan tersebut berlangsung pada bulan Juli lalu.

Rini juga sempat mengatakan bahwa mereka semua berharap bahwa Satelit Merah Putih dapat menjalankan tugasnya untuk menopang kemajuan industri nasional, mendukung konektivitas dan juga mempermudah dan memperluas akses komunikasi bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sekadar diketahui, Satelit Merah Putih membawa 60 transponder aktif. Ke-60 transponder ini terdiri dari 24 transponder C-Band dan 12 transponder Extended C-Band yang akan melayani wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia dan 24 transponder C-Band yang akan menjangkau kawasan Asia Selatan.

Rini juga menambahkan bahwa satelit Merah Putih bukan hanya akan memancarkan sinyal di Indonesia, namun juga ke kawasan Asia Selatan. Dan itu artinya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) makin kencang untuk melakukan go international membawa nama Indonesia.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *