Tuesday , June 2 2020
Home » The Lounge » Intermezzo » Samsung Sempat Tertawakan Android

Samsung Sempat Tertawakan Android

Samsung Sempat Tertawakan Android

lebakcyber.net – Samsung sempat tertawakan Android. Android bisa saja menjadi salah satu penyesalan terbesar dari Samsung Electronics. Pada masa lalu sebenarnya pihak Samsung sempat memiliki peluang agar dapat melakukan akuisisi terhadap Android, namun kesempatan tersebut dimentahkan oleh para manajemen Samsung.

Sebelum Android diakuisi oleh Google dengan nilai USD 50 juta, pihak Android sudah terlebih dahulu ditawarkan kepada Samsung, namun tawaran tersebut ditolak oleh manajemen.

Dan di tangan Google, sistem operasi Android berubah menjadi salah satu sistem operasi atau OS yang sekarang sudah menjalankan 2,5 miliar perangkat dan 80 persen ponsel di seluruh dunia sudah menggunakan sistem operasi Android.

Advertisements

Kisah tersebut dituliskan oleh Fred Vogelstein yang merupakan seorang wartawan senior dalam buku berjudul Dogfight: How Apple and Google Went War and Started Revolution.

Satu tahun sebelum Android di akuisisi oleh Google, tim Samsung dan tim Android sempat bertemu di Seoul, Korea Selatan pada tahun 2004 lalu. Pembuat Android, Andy Rubin melakukan presentasi dari ide dan juga visi yang dimiliki Android kepada direksi Samsung.

Advertisements

Namun sayangnya respon yang diberikan oleh direksi Samsung kurang begitu mengenakan. Mereka mengira bahwa rencana Andy Rubin yang menginginkan Android sebagai sebuah produk massal.

Dikutip dari halaman Android Authority, Kamis (14/05/2020) mengatakan “Anda dan tenaga ahli apa yang membuat semua ini? Anda hanya memiliki enam orang. Anda mabuk?”.

Saat mengingat kejadian tersebut, Andy Rubin mengatakan bahwa mereka menertawakan dirinya saat berada diruang rapat tersebut.

Namun berbeda dengan Samsung, pihak Google melihat sebuah potensi besar yang dimiliki oleh Android, dan akhirnya Google mengakuisisi Android serta menjadikan Andy Rubin sebagai vice presiden of mobile and digital content.

Yang menarik adalah, sehari setelah pihak Google mengakuisisi Google, salah seorang eksekutif dari Samsung yang ikut hadir pada rapat tersebut menelepon Andy Rubin dan dirinya meminta waktu agar dapat bertemu dan membahas sebuah proposal yang menarik.

Ternyata pihak Samsung ingin kembali membahas mengenai proposal yang sempat disampaikan oleh Andy Rubin beberapa minggu sebelumnya. Namun sayangnya hal tersebut sudah terlambah karena Google sudah berhasil melakukan akuisisi terhadap Android.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *