Friday , July 12 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Rusia Akan Memblokir Facebook

Rusia Akan Memblokir Facebook

foto : huffingtonpost

Rusia Akan Memblokir Facebook

lebakcyber.net – Rusia akan memblokir Facebook di negara beruang merah tersebut jika pihak Facebook tidak bisa memenuhi peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah Rusia. Dikutip dari Reuters, aturan tersebut mengharuskan bagi website yang menyimpan data pribadi warga Rusia wajib melakukannya hanya di server yang berada di Rusia. Pihak Facebook diberi jangka waktu sampai tahun depan untuk memenuhi peraturan Rusia tersebut jika tidak ingin diblokir di Rusia.

Alexander Zharov dari lembaga pengawas komunikasi Rusia, Roskomnadzor mengatakan bahwa setiap orang harus mematuhi hukum yang berlaku, di tahun 2018 semua harus dilakukan sebagaimana hukum yang berjalan.

Sebelum Facebook, jejaring sosial untuk para profesional Linkedln sudah menjadi korban dari pemblokiran Rusia karena tidak dapat memenuhi peraturan tersebut. Aturan hukumnya sendiri sudah disetujui oleh presiden Vladimir Putin sejak tahun 2014 dan mulai diimplementasikan pada tahun 2015.

Zharov juga mengatakan bahwa aturan hukum itu harus diimplementasikan atau perusahaan yang tidak bisa memenuhi persyaratan tersebut tidak dapat beroperasi lagi di negara Rusia seperti yang terjadi pada Linkedln.

Jejaring Twitter juga mendapatkan pesan yang sama, namun pihak Twitter mengatakan akan melakukannya dan memenuhi persyaratan dari pemerintah Rusia pada pertengahan tahun 2018. Langkah Twitter tersebut juga diharapkan diikuti oleh Facebook.

Selain itu Zharov juga mengatakan bahwa jelas Facebook memiliki jumlah pengguna yang sangat besar di Rusia. Di sisi lain pihak mereka menganggap bahwa Facebook bukanlah layanan yang istimewa karena masih ada jejaring sosial lainnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *