Monday , November 20 2017
Home / The Lounge / Sisi Gelap Internet / Ross William Ulbricht Sang Pendiri Silk Road

Ross William Ulbricht Sang Pendiri Silk Road

Foto : Linkdin

Ross William Ulbricht Sang Pendiri Silk Road

lebakcyber.net – Ross William Ulbricht sang pendiri silk road tumbuh besar di pinggiran kota Austin, dia merupakan putra satu-satunya dari pasangan Kirk dan Lyn yang memiliki kakak perempuan bernama Callie. Keluarga Ross sendiri merupakan keluarga yang harmonis, rukun dan sederhana. Ross sendiri adalah penyuka alam bebas, Ross sangat menyukai pramuka seperti ayahnya dan menunjukan bakat di bidang Matematika.

Ross sempat mendapat beasiswa penuh di University of Texas di Dallas untuk mempelajari Fisika. Ross lulus pada tahun 2006 dan sempat memperoleh beasiswa lainnya di Penn State University untuk mendapatkan gelas master di Material Science. Di Penn State University inilah Ross sempat memulai ketertarikannya dengan libertarianisme, khususnya untuk karya-karya Ludwig Von Mises dan dia menyelesaikan gelar masternya pada tahun 2009 di sekolah Ekonomi Austria.

Pada tahun 2010 Ross meninggalkan rumah orangtuanya di Austin untuk menjadi orang yang berjiwa bebas dan tinggal bersama kakaknya Callie di Sydney Australia lalu kemudian kembali ke Austi. Ross beralih dari sebelumnya menjadi seorang entrepreneur dan menjadi libertarian karena Ross ingin menjadi seorang libertarian yang bebas dalam memilih dan ketertarikan Ross dengan Ekonomi khususnya kekagumannya kepada Ludwin Von Mises yang merupakan seroang Ekonom dari Austria yang karyanya dijadikan panutan bagi gerakan libertarians di Amerika Serikat.

Ross sangat berpegang tegus pada kalimat yang ada di ideologi Libertarian, yaitu “Kebebasan sebebeas-bebasnya namun jangan mengganggu kebebasan orang lain” dan “Perlakukan orang lain sebagaimana kamu mau diperlakukan oleh orang lain”.

Ross Sempat Gagal Dalam Berbagai Usaha

Ross sempat mengalami berbagai macam kisah kegagalan pada usaha yang dijalaninya. Mungkin hal tersebutlah yang akhirnya membuat Ross untuk memutuskan membuat Silk Road. Dengan didukung oleh Dark Weeb dan juga mata uang Bitcoin, Ross akhirnya memutuskan untuk membuat situs jual beli narkoba Silk Road di dark weeb dimana sebelum situs tersebut ditutup oleh FBI, Silk Road sudah memiliki pendapatan sebesar USD 1.2 miliar.

Karena Ross penganut paham Libertarian, Ross tidak menentang adanya narkoba karena hal tersebut dia rasa merupakan sebuah kebebasan seseorang untuk memilih selama keputusan yang mereka ambil itu tidak merugikan orang lain, bahkan Ross menentang keputusan pemerintah mengenai War on Drugs yang menurut dia telah memakan korban jiwa yang sangat banyak.

Selain itu Ross juga menganggap kalau pajak merupakan salah satu wujud dari penekanan pemerintah terhadap warganya dan dia tidak setuju dengan hal tersebut. Atas landasan-landasan tersebutlah Ross memutuskan untuk membuat Silk Road.

Menurut Ross, Silk Road bukan hanya soal bisnis, namun Silk Road juga merupakan sebuah gerakan untuk memperjuangkan hak-hak kebebasan masyarakat terhadap kekuasaan pemerintah.

Ross menggunakan alias ‘Dread Pirate Roberts’ atau biasa disingkat dengan DPR sebagai username yang dia gunakan untuk admin dari Silk Road. Tugas DPR sendiri tidak hanya mengurusi masalah-masalah mengenai kegaiatan operasional harian dan manajemen Silk Road, namun dia juga bertindak sebagai pemimpin yang terus meneriaki kata-kata penyemangat dalam gerakannya melawan operasional dan juga tekanan dari pemerintah dan membela kebebasan hak individu seusia dengan ideologi Libertarianisme yang Ross anut.

Itulah kisah Ross William Ulbricht sang pendiri silk road. Untungya saat ini situs Silk Road sudah berhasil ditutup oleh FBI dan Ross sudah ditangkap. Walau begitu, didalam deep web masih banyak sekali situs-situs seperti Silk Road, namun saat ini belum ada yang mampu menyamai kualitas dan kemudahan dalam transaksi seperti yang diberikan oleh Silk Road pada masa kejayaannya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net

Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *