Friday , October 23 2020
Home » The Lounge » News » Resiko Uji Vaksin Corona

Resiko Uji Vaksin Corona

foto : Anadolu Agency

Resiko Uji Vaksin Corona

lebakcyber.net – Resiko uji vaksin Corona. Para ilmuwan di seluruh dunia saling berlomba-lomba untuk mengerjakan vaksin corona. Para ahli pun akhirnya memperingatkan potensi resikonya.

Chaerul Anwar selaku Guru Besar Ilmu Biologi Molekuler Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengingtkan kepada para pelaku uji klinis vaksin Corona agar mewaspadai mengenai potensi dari bahaya kalau virus Corona dapat menimbulkan Antibody dependent enchancement (ADE).

Dikutip dari halaman CNN Indonesia, pernyataan tersebut berdasarkan dari hasil temuan susunan asam amino yang ada pada virus Corona yang memiliki kemungkinan bisa menyebabkan fenomena ADE.

Advertisements

Chaerul juga menambahkan bahwa ini yang perlu dirinya sampaikan kepada pihak-pihak yang sedang berupaya untuk mengusahakan vaksin, dirinya juga meminta agar tolong diamati mengenai hal-hal yang berhubungan dengan perubahan-perubahan pada virus corona tersebut.

ADE merupakan sebuah kejadian dimana virus memiliki kaitan dengan antibodi agar menginfeksi sel inang. Terjadinya potensi fenomena ADE tersebut dapat dilihat pada pola tertentu dari susuan DNA/RNA virus.

Advertisements

Sebelumnya juga diketahui kalau virus corona menginfeksi sel melalui reseptor ACE2 yang berada di paru-paru. Namun kalau terjadi fenomena ADE, maka kemungkinan akan masuk kedalam sel melalui makrofag.

Chaerul juga menambahkan hal tersebut membuat virus berkembang di sel mikrofag atau sel darah putih dan bukan pada sel saluran pernapasan lagi.

Hal tersebut mengakibatkan kalau infeksi virus corona dapat terjadi tanpa menunjukan adanya gejala klinis atau orang tanpa gejala seperti demam, batuk, dan lain sebagainya. Akibat lainnya adalah infeksi dari virus corona mala bisa berlangsung kronis dan juga lama serta melemahkan sistem imun tubuh.

Lebih lanjut lagi Nidom juga mengatakan potensi dari ADE yang terjadi pada virus Corona tersebut masih sebatas bukti empiris berdasarkan analisa data virus yang dimiliki oleh ADE. Dirinya juga mencoba memantau pada kasus Covid-19 serta mendorong agar dapat dilakukan penelitian preklinis agar mencegah ADE tersebut terjadi kepada manusia.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *