Sunday , July 5 2020
Home » Uncategorized » RCS Google Akan Miliki Fitur Enkripsi

RCS Google Akan Miliki Fitur Enkripsi

foto : idNSA

RCS Google Akan Miliki Fitur Enkripsi

lebakcyber.net – RCS Google akan miliki fitur enkripsi. Google sedang melakukan pengujian kepada sebua fitur baru pada layanan Rich Communication Services (RCS) milik mereka, yaitu fitur enkripsi end-to-end yang nantinya akan disematkan pada layanan Rich Communication Services milik Google tersebut.

Layanan yang sebenarnya mirip dengan aplikasi iMessage milik Apple itu sebenarnya sekarang ini memang masih belum memiliki fitur enkripsi, berbeda dengan aplikasi iMessage yang dibuat oleh Apple. Tapi kedepannya pihak Google akan memberikan perlindungan tersebut kepada RCS, yang mana akan membuat layanan tersebut nantinya akan setara dengan Signal, WhatsApp, Telegram dan juga aplikasi lainnya.

Hadirnya fitur baru tersebut dapat diketahui dari beberapa baris kode yang ada pada pembaruan yang akan datang. Dimana dalam 12 baris kode tersebut terdapat shortcut dengan tulisan ‘e2ee’ atau end-to-end encryption).

Advertisements
RCS Google Akan Miliki Fitur Enkripsi
foto : google

Namun berdasarkan 12 baris kode tersebut juga diketahui kalau fitur baru tersebut membutuhkan koneksi internet yang cukup kuat agar dapat berjalan dengan baik. Kalau koneksi internet sedang tidak baik, maka pesan yang dikirimkan akan melalui jalur SMS atau MMS.

Dikutip dari halaman Phone Arena, Sabtu (24/05/2020) yang jelas kalau pengirimannya dilakukan dengan melalui SMS atau MMS, akan ada pesan yang muncul ke pengguna yang memberikan informasi bahwa pesan yang mereka kirim akan dikirimkan tanpa adanya enkripsi end-to-end.

Advertisements

RCS sendiri merupakan sebuah layanan pengiriman pesan melalui SMS yang dibuat oleh Google. Karena pesan yang dikirim melalui jaringan internet, maka pesan yang dikirimkan bisa berisi 8 ribu karakter, tidak seperti SMS yang hanya mendukung 160 karakter saja.

Selain itu para pengguna juga dapat membagikan berbagai file multimedia seperti video ataupun foto yang memiliki ukuran yang besar.

Selain itu RCS juga akan memiliki penanda kalau pesan yang dikirimkan apakah sudah terkirim ataupun sudah dibuka dan dibaca oleh si penerima pesan tersebut, selain itu, saat melakukan pengetikan pesan juga akan muncul notifikasinya, sama seperti pada aplikasi berbagi pesan lainnya seperti Telegram dan juga WhatsApp.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *