Sunday , December 8 2019
Home / The Lounge / Intermezzo / Prospek Pekerjaan Untuk Lulusan IT

Prospek Pekerjaan Untuk Lulusan IT

foto : IT Starter Series

Prospek Pekerjaan Untuk Lulusan IT

lebakcyber.net – Prospek pekerjaan untuk lulusan IT. Sekarang ini jurusan kuliah yang paling menjanjikan pekerjaannya adalah lulusan IT. Lulusan IT itu sendiri banyak sekali program studinya, dan salah satunya adalah sistem informasi, teknik komputer, sistem komputer dan masih banyak lagi lainnya.

Lulusan tersebut banyak sekali lowongan pekerjaannya dan bisa ditemukan dengan mudah pada situs lowongan kerja. Bahkan tidak sedikit perusahaan besar yang mencari lulusan IT. Untuk gaji yang ditawarkan juga cukup tinggi loh.

Lalu apa saja prospek pekerjaan untuk para lulusan IT tersebut? Penasaran? langsung saja kita simak pembahasan mengenai prospek pekerjaan untuk para lulusan IT dibawah ini.

Advertisements

Programmer

Sudah pasti lulusan IT atau Teknik Komputer dapat membuat program atau setidaknya bisa coding. Karena memang mata kuliah coding tersebut menjadi salah satu mata kuliah yang didapat oleh para mahasiswa yang mengambil jurusan IT.

Kalian bisa mencoba melamar pekerjaan sebagai programmer. Sekarang ini banyak sekali lowongan pekerjaan sebagai programmer dengan berbagai tingkatan. Untuk gajinya sendiri, seorang programmer bisa mendapatkan gaji antara Rp. 5 sampai Rp. 10 Juta setiap bulannya bahkan bisa juga lebih.

Freelancer

Buat kalian yang menyukai kebebasan dan tidak suka untuk bekerja sebagai karyawan mungkin dapat mencoba mencari prospek pekerjaan sebagai seorang freelancer yang banyak ditemukan pada bidang IT.

Advertisements

Buat kalian yang masih kuliah, freelancer ini juga bisa kamu jadikan sebagai pekerjaan part time yang bisa dilakukan sambil kuliah. Karena memang kalian tidak harus datang ke kantor untuk bekerja, cukup sesuaikan dengan jadwal kuliah dan pekerjaan yang diberikan dapat diselesaikan dengan baik.

Menjual Aplikasi

Sekarang ini tidak dapat dipungkiri kalau kuliah di jurusan IT pasti dituntut untuk dapat membuat sebuah aplikasi. Dan ternyata aplikasi tersebut bisa kalian jual kepada orang lain atau perusahaan besar lainnya.

Entah itu kalian membuat aplikasi untuk perangkat Android atau perangkat PC. Dengan menjual aplikasi tersebut, maka kalian akan mendapatkan pengalaman, menambah relasi dan juga pastinya uang kalian.

Membuka Kelas Online

Kalau kalian memiliki wawasan yang luas, tidak menutup kemungkinan kalau kalian bisa membuka kelas kursus online. Dengan membuka kelas online tersebut kalian hanya perlu memberikan materi dan juga menjelaskannya kepada para anggota.

Pendapatan dari membuka kelas online tersebut juga bisa dikatakan tidak begitu kecil. Apalagi kalau kalian membuatkan aplikasi online juga. Seperti misalnya membuat sebuah aplikasi belajar online, pasti banyak yang ingin bergabung dengan kelasmu tersebut.

Konsultan IT

Kalau sudah sampai pada tingkat ini, berarti wawasan dan juga pengalaman kalian sudah mencapai tingkat profesional. Dengan menjadi konsultan, kalian tidak perlu datang setiap hari ke kantor.

Jadi kalian hanya perlu datang kalau diminta oleh perusahaan saat mereka ingin berkonsultasi saja. Gaji yang ditawarkan untuk seorang konsultan IT ini juga ternyata cukup tinggi. Dengan menjadi konsultan IT tersebut merupakan salah satu bagian pekerjaan yang tidak tergantikan oleh teknologi atau robot sekalipun.

Jadi itulah beberapa prospek pekerjaan yang bisa diambil oleh para mahasiswa yang merupakan lulusan IT, bagaimana? tertarik untuk menjadi seorang IT profesional? Jangan lupa untuk share artikel ini juga agar teman atau saudara kalian mendapatkan informasi yang menarik ini.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *