Sunday , November 17 2019
Home / The Lounge / Intermezzo / Produk Apple Yang Pernah di Desain Jony Ive

Produk Apple Yang Pernah di Desain Jony Ive

foto : Irish Times

Produk Apple Yang Pernah di Desain Jony Ive

lebakcyber.net – Produk Apple yang pernah di desain Jony Ive. Beberapa waktu yang lalu kabar mengejutkan datang dari Apple. Bukan karena Apple merilis produk baru, melainkan karena keluarnya kepala desain mereka, Jony Ive.

Ada beberapa alasan yang mencuat karena perginya Jony Ive dari Apple. Ada yang mengatakan kalau dirinya tidak cocok dengan CEO Apple sekarang, Tim Cook. Ada juga yang mengatakan kalau Ive ingin mendirikan perusahaannya sendiri.

Mau yang manapun alasannya, kita patut berterima kasih kepada Ive karena dirinya sudah memberikan banyak sekali produk-produk Apple yang indah karena desainnya.

Advertisements

Dan berikut ini adalah produk Apple terbaik yang didesain oleh Jony Ive :

iMac G3 (1998)

Produk Apple Yang Pernah di Desain Jony Ive

Pada awal era komputer personal mulai booming, bentuk PC sangat membosankan kalau tidak dapat dibilang mengerikan. berbentuk kotak dan berwarna abu-abu menjadi ciri khas untuk komputer pada zaman tersebut.

Setelah kembalinya Jobs ke Apple, Jobs melakukan perombakan semua PC Apple yang memiliki desain seperti itu, dan saat itu Ive menawarkan desain komputer yang lebih indah yang nantinya akan diberi nama iMac G3.

Alih-alih berwarna suram, Ive dengan berani membuat komputernya berwarna Bondi Blue yang terlihat sangat segar, bahkan setelah itu, dirilis lagi iMac G3 berwarna lain, mulai dari Lime sampai Strawberry.

Apalagi desain komputer tersebut dibuat semi transparan sehingga pengguna dapat melihat apa yang ada didalam komputer tersebut.

Advertisements

iBook G3 (1999)

Produk Apple Yang Pernah di Desain Jony Ive

Bukan hanya komputer, Jobs dan Ive juga mengubah total bentuk laptop Apple yang mereka miliki. Dan hasilnya adalah iBook G3 yang berbentuk seperti sebuah cangkang.

Konsep desain yang dimiliki oleh iMac G3 diterapkan pada laptop ini sehingga siapapun yang sedang bekerja menggunakan laptop ini akan menarik perhatian orang lain.

Laptop ini dibuat dengan menggunakan bahan karet dan plastik. Layarnya memiliki lebar 12.1 inci. Bahkan, laptop ini memiliki handle sehingga memudahkan penggunanya untuk membawa laptop tersebut kemana-mana.

Power Mac G4 (2000)

Saat Jobs masih menjadi CEO Apple, dirinya benar-benar memperhatikan desain dari setiap produk Apple untuk menyelamatkan Apple dari kebangkrutan. Setelah sukses dengan iMac G3 dan iBook G3, dirinya dan Ive merilis Power Mac G4 Cube.

Komputer tersebut sama sekali tidak mirip dengan komputer yang diproduksi oleh perusahaan lain. Komputer Power Mac G4 berbentuk kotak dan dilapisi oleh Polikarbonat dan lebih kecil dibandingkan kebanyakan PC.

iPod (2001)

Kalau ditanya barang apa yang paling menyelamatkan Apple dari kebangkrutan pada awal tahun 2000-an mungkin jawabannya adalah iPod.

iPod memang bukan perangkat MP3 player pertama, namun perangkat ini merubah revolusi industri musik pada saat itu. Perangkat lagu ini mampu diisi sampai 1.000 lagu sekaligus.

Desain iPod dilengkapi dengan scrool wheel yang membuat pengguna dapat memilih lagu dengan cepat. User interface yang dimiliki juga sangat ramah kepada pengguna.

iPhone (2007)

Setelah Apple semakin besar karena keberhasilan produk-produknya, selanjutnya mereka mengembangkan diri dengan membuat ponsel pintar pertama mereka yang di beri nama iPhone.

Dirilis pada tahun 2007, iPhone diumumkan sebagai gabungan antara iPod, telepon dan perangkat untuk terhubung dengan internet.

iPhone pertama kali memiliki layar 3.5 inci dan mungkin menjadi smartphone populer pertama yang dilengkapi dengan fitur layar sentuh. iPhone menjadi salah satu sumber pemasukan utama dari Apple.

MacBook Air (2008)

Setelah merilis iBook G3, desain dari laptop Apple terkesan lebih monoton dibandingkan sebelumnya, baik itu pada seri PowerBook, iBook sampai MacBook.

Lalu akhirnya Apple merilis laptop paling tipis di dunia, MacBook Air, pada tahun 2008 lalu. Saking tipisnya, laptop ini dapat masuk kedalam amplot cokelat.

Apalagi laptop ini memiliki desain yang lebih indah, layar yang lebar dan full size keyboard. Tentu saja Ive sangat berperan mengenai desain pada MacBook Air tersebut.

iPad (2010)

Saat diumumkan ke publik, banyak orang yang nyinyir ke iPad dan menganggapnya sebagai iPhone dengan versi lebih besar.

Kenyataannya, pada akhirnya banyak produsen lain yang ikut memproduksi tablet seperti Samsung. Dan saat itu lagi-lagi Apple mematahkan perkataan orang.

iPad memang sekilas terlihat sangat menarik karena desainnya yang indah dan juga konsep untuk menggabungkan smartphone dan juga laptop.

Mungkin karena desain inilah Apple berhasil menjual tablet, sedangkan Microsoft dan juga perusahaan lainnya tidak begitu berhasil.

Apple Watch (2014)

Apple Watch merupakan salah satu produk terbaru dari Apple. Gadget ini memiliki bodi yang terbuat dari stainless steel dengan tali jam yang dapat diganti-ganti.

Walaupun bukan smartwatch pertama yang beredar di pasaran, banyak orang yang menganggap kalau Apple Watch sangat berguna untuk dibeli, terutama bagi para pengguna iPhone.

dan sekali lagi Apple berhasil membungkam suara para skeptis yang meragukan keberhasilan jam tangan pintar buatan Apple tersebut dan berhasil menggeser keududukan jam konvensional.

Itulah dia beberapa produk Apple yang pernah di desain Jony Ive.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Jeff Williams Calon Baru CEO Apple

Jeff Williams Calon Baru CEO Apple

Jeff Williams Calon Baru CEO Apple lebakcyber.net – Jeff Williams calon baru CEO Apple. Sudah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *