Sunday , November 17 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Pilihan Antivirus Komputer Gratis

Pilihan Antivirus Komputer Gratis

foto : Frossbytes

Pilihan Antivirus Komputer Gratis

lebakcyber.net – Pilihan antivirus komputer gratis. Setiap perangkat komputer pasti memiliki resiko terkena virus, dan untuk menghindarinya mau tidak mau para pengguna harus menggunakan perangkat lunak antivirus pada perangkat komputer miliknya.

Ada banyak sekali pilihan perangkat lunak antivirus yang sekarang ini ada di pasaran. Kulitas dan fitur yang dimiliki masing-masing perangkat lunak tersebut juga berbeda-beda satu dengan lainnya.

Biasanya para pengguna akan dibebankan biaya tertentu agar dapat menggunakan semua fitur secara penuh. Dan biaya yang harus dibayarkan tersebut dapat dilakukan secara berlangganan ataupun beli putus.

Advertisements

Namun ada beberapa antivirus gratisan yang ternyata memiliki fitur-fitur yang cukup bagus. Dirangkum dari halaman Money Saving Expert, berikut ini adalah beberapa antivirus yang dapat digunakan secara gratis pada perangkat dengan sistem operasi Windows ataupun MacOS.

Avast Free Antivirus

foto : avast

Para pengguna komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan antivirus yang satu ini. Avast memang sering sekali didaulat sebagai salah satu antivirus gratis yang sangat direkomendasikan oleh para pengguna.

Walaupun gratis, antivirus Avast memiliki banyak fitur yang dapat digunakan. Salah satunya adalah fitur CyberCapture, yang mana fitur tersebut mampu mendeteksi dan juga menganalisa file atau dokumen yang dicurigai sebagai virus yang menyamar.

Avira Free Antivirus

foto : avira

Sama seperti Avast, Avira juga sering direkomendasikan sebagai antivirus gratis yang bagus untuk digunakan. Bahkan beberapa media teknologi menempatkan Avira sebagai salah satu antivirus gratis terbaik.

Windows Defender

foto : windows defender

Windows Defender merupakan salah satu aplikasi antivirus yang sudah tersedia saat pengguna menginstall sistem operasi Windows pada perangkatnya. Walaupun sudah tersedia secara gratis, pengguna hanya dapat menggunakan Windows Defender secara penuh dari sistem operasi Windows yang didapatkan secara legal.

Advertisements

Antivirus Windows Defender ini juga dapat memindai keberadaan malware yang terdapat pada perangkat yang terinstall di sistem operasi Windows.

Microsoft Security Essentials

Microsoft Security Essentials juga bisa didapatkan secara grasi oleh para pengguna Windows. Namun antivirus ini hanya mendukung sistem operasi Windows 7 saja. Microsoft Security Essentials memang merupakan versi lawas dari Windows Defender.

Antivirus ini juga dapat memindai keberadaan virus, spyware dan trojan. Namun perlu di catat, hanya Windows 7 original saja yang dapat menggunakan antivirus ini secara penuh.

AVG Free Antivirus

foto : avg

Pada tahun 2016 lalu, AVG sudah dibeli oleh Avast, namun AVG juga masih tetap memproduksi antivirus dengan merknya sendiri. AVG memiliki keunggulan sebagai antivirus yang ringan dan tidak membuat kinerja komputer menjadi berat.

Antivirus ini juga dapat memindai keberadaan file jahat yang ada pada perangkat komputer, bahkan AVG juga dapat menghapus direktori dari folder yang sudah terinfeksi virus.

Panda Antivirus

foto : panda

Walaupun tidak sepopuler Avast ataupun Avira, Panda Antivirus juga sering mendapatkan review positif dari para penggunanya. Panda antivirus ini masih dianggap lebih mudah digunakan daripada antivirus lainnya.

Selain dari itu, Panda antivirus juga dapat memindai keberadaan virus pada USB dan memonitor keamanan komputer saat sedang digunakan.

Itulah beberapa antivirus gratis yang dapat kalian download tanpa harus mengeluarkan biaya lebih.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *