Thursday , May 23 2024

Pesan Dari Penemu Ponsel

Pesan Dari Penemu Ponsel

Pesan Dari Penemu Ponsel

lebakcyber.net – Pesan Dari Penemu Ponsel. Martin Cooper mungkin bukan orang yang memiliki ketenaran seperti Steve Jobs, padahal dirinya merupakan salah satu orang yang tidak kalah penting. Martin Cooper sendiri adalah seorang yang berhasil menemukan ponsel.

Pada awalnya Cooper membuat Motorola DynaTAC 8000X pada tahun 1973 yang merupakan ponsel pertama di dunia. Di umurnya yang sekarang ini sudah memasuki usia 92 tahun, Cooper sempat menjadi salah satu bintang tamu pada acara BBC Breakfast.

Pada acara tersebut Martin Cooper sempat mengingatkan agar masyarakat tidak terlalu sering menggunakan dan juga memainkan handphone. Pernyataan tersebut keluar setelah co-host mengatakan kalau dirinya bisa menghabiskan waktu sampai 5 jam dalam satu hari menggunakan smartphone miliknya.

Dikutip dari halaman Phonearena, Cooper menanyakan apakah co-host tersebut benar-benar menikmati waktunya saat menghabiskan waktu selama 5 jam sehari memainkan smartphoneya? Luangkan waktu tersebut agar bisa membuat hidup Anda menjadi lebih baik.

Cooper sendiri mengatakan kalau dirinya menghabiskan waktu kurang dari 5 persen waktunya untuk menggunakan ponsel dalam satu hari. Itu artinya Cooper hanya menggunakan ponselnya selama 1 jam setengah dalam waktu satu hari.

Angka tersebut jauh dibawah rata-rata dari pengguna smartphone lainnya. Berdasarkan hasil riset Statista mengungkapkan kalau 46 persen orang Amerika yang sudah disurvei mengatakan kalau mereka biasa menghabiskan waktu antara lima sampai 6 jam di smartphone dalam waktu satu hari.

Sedangkan 11 persen pengguna mengaku menggunakan smartphone atau ponsel cerdas mereka selama tujuh jama atau lebih lama lagi dalam waktu satu hari.

Pada acara BBC Breakfeast tersebut, Cooper bercerita mengenai asal muasal dimana dirinya berhasil membuat IDynaTAC 800X. Ide tersebut muncul saat dirinya masih bekerja di Motorola, dan pada saat itu juga popularitas telepon di mobil membuat dirinya sangat terganggu karena ponsel tersebut menempel didalam mobil.

Akhirnya dirinya memutuskan untuk membuat sebuah ponsel yang dapat dimasukan kedalam mobil tapi sekaligus juga dapat dibawa kemanapun dirinya pergi. Cooper ingin perangkat tersebut nantinya memiliki ukuran cukup kecil agar bisa dimasukan kedalam saku namun masih bisa menjangkau mulut dan juga telinga.

Pada saat itu pihak Motorola sangat menyukai dengan ide tersebut sehingga dirinya bisa menghabiskan dana sampai jutaan dollar agar bisa mengembangkan telepon dan juga menggunakan teknologi yang digunakan oleh tim yang nantinya akan mengerjakan proyek tersebut untuk membuat radio polisi.

Untuk uji publiknya sendiri, Cooper menelepon di depan para wartawan yang dilakukan pada tanggal 03 April 1973. Saat itu dirinya menelepon chief engineer AT&T Joel Engel dan mengucapkan “Hai, Hole ini Cooper. Saya melakukan panggilan telepon ini dari ponsel, seseorang menggunakan ponsel genggam”.

Lalu 10 tahun setelah dipamerkan, ponsel Motorola DynaTAC 8000X tersebut baru dirilis ke pasaran. Ponsel tersebut dijual dengan harga USD 3.995 atau sekitar Rp. 59,7 juta, harga tersebut merupakan 2 kali lipat dari harga Samsung Galaxy Fold 3, dan hal tersebut belum terhitung inflasi yang teradi.

Ponsel DynaTAC 8000X memiliki panjang sebesar 10 inci dan berat sekitar 2,5 pon. Untuk baterainya sendiri dapat bertahan selama 25 menit dan memerlukan waktu selama 10 jam untuk melakukan pengisian daya.

Dengan harga yang mendekati Rp. 59,7 juta pada saat itu, penemuan yang dihasilkan oleh Cooper menjadi sesuatu yang besar, apalagi dikalangan pengusaha, para pedagan di Wall Street dan juga siapa saja yang pekerjaannya memang mengharuskan pekerja tersebut agar terus dapat dihubungi dengan orang lain sepanjang hari.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *