Wednesday , September 18 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Perusahaan Kaspersky Lab Dicekal Di Amerika

Perusahaan Kaspersky Lab Dicekal Di Amerika

Foto : Internet

Perusahaan Kaspersky Lab Dicekal Di Amerika

Lebakcyber.net – Saat ini selain masalah pemblokiran aplikasi chatting Telegram karena banyak digunakan oleh para teroris untuk dapat saling berkomunikasi, kali ini dunia juga dihebohkan dengan berita perusahaan Kaspersky lab dicekal di Amerika karena dicurigai menjadi antek dari mata mata Rusia.

Amerika Serikat pasti memiliki pertimbangan tersendiri terkait kasus pencekalan perusahaan sekuriti jaringan buatan Eugenen Kaspersky tersebut. Dan hal tersebut tentu mempengaruhi beberapa negara lainnya yang memanfaat jasa dari Kaspersky, termasuk di Indonesia sendiri.

Dony Koesmandarin selaku Manajer Kaspersky Lab Teritorry Channel Indonesia di Jakarta mengatakan tidak mengetahui secara pasti kenapa Amerika Serikat sampai melakukan proses pencekalan terhadap produk dan perusahaannya tersebut agar tidak digunakan oleh pemerintah Amerika Serikat.

Dony juga mengatakan bahwa perusahaannya Kaspersky Lab bersikap netral dalam hal apapun. Karena produk yang dihasilkan oleh perusahaannya bukan ditujukan untuk kepentingan salah satu pihak yang memiliki unsur politik didalamnya.

Sebelumnya juga sudah pernah beredar kabar bahwa pemerintah Donald Trump sudah menghapus nama Kaspersky Lab dari daftar vendor untuk pembelian perangkat teknologi yang nantinya akan digunakan oleh pemerintahan Amerika Serikat. Hal tersebut karena pihak Amerika khawatir jika produk keamanan Kaspersky menjadi jalur yang digunakan oleh Rusia untuk dapat masuk kedalam jaringan Amerika serikat.

Hal tersebut menjadi tindakan konkret dari kecurigaan badan intelijen dan parlemen AS yang muncul sejak beberapa bulan lalu. Mereka meyakini perusahaan antivirus yang bermarkas di Moskow itu punya hubungan erat dengan badan intelijen Rusia yang berada di balik serangan cyber ke AS.

Dalam sebuah pernyataan juru bicara perintah AS mengatakan saat ini semua produk Kaspersky telah dihapus dari daftar kontrak bagian General Service Administration AS yang mencakup layanan teknologi informasi dan peralatan fotografi digital.

Proses pencekalan terhadap produk Kaspersky Lab tersebut tentu menjadi pertimbangan bagi para negara yang menggunakan jasa Kaspersky dalam hal perlindungan keamanan jaringan negaranya masing masing, apakah negara negara tersebut akan mengikuti langkah Amerika Serikat untuk ikut serta dalam hal pencekalan terhadap Kasperky Lab atau tidak.

Hal tersebut pasti membuat perusahaan Kaspersky Lab yang bermarkas di Moskow Rusia tersebut harus segera mengambil tindakan konkrit dan memberikan penjelasan yang jelas terkait masalah tersebut agar produknya tidak ikut dicekal oleh negara negara lain seperti Amerika Serikat jika mereka masih ingin dipercaya oleh para penggunanya diseluruh dunia.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Spesifikasi dan Harga iPhone 11

Spesifikasi dan Harga iPhone 11

Spesifikasi dan Harga iPhone 11 lebakcyber.net – Spesifikasi dan harga iPhone 11. Apple akhirnya mengumumkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *