Friday , October 30 2020
Home » The Lounge » News » Perkembangan Vaksin Virus Corona

Perkembangan Vaksin Virus Corona

foto : Tempo

Perkembangan Vaksin Virus Corona

lebakcyber.net – Perkembangan vaksin virus corona. Para ilmuwan sedang berusaha dengan sangat keras agar dapat menemukan vaksin dari virus corona yang aman digunakan bagi manusia.

Berdasarkan keterangan dari organisasi kesehatan dunia (WHO), sekarang ini sudah ada lebih dari 110 kandidat vaksin untuk virus corona yang sedang dikembangkan di seluruh dunia.

Indra Rudiansyah yang merupakan kandidat doktor riset vaksin di Jenner Institute, Oxford University mengatakan bahwa sudah ada delapan kandidat vaksin yang telah masuk ke tahap uji klinik.

Advertisements

Pada sebuah acara Webinar Zoom yang dilaksanakan bersama dengan KPG pada hari Jumat (15/05/2020), Indra mengatakan bahwa ada lima penelitian yang sedang melakukan uji klinik fase 1 dan fase 2 dalam waktu yang bersamaan.

Indra menambahkan bahwa uji kliknik fase 1 dan juga fase 2 sebenarnya adalah sebuah penelitian pada fase 1, namun beberapa parameter yang ada harus dilakukan pada fase 2, misalnya seperti efikasi itu sudah bisa dilihat pada fase 1.

Advertisements

Efikasi vaksin sendiri yang dimaksud oleh Indra adalah cara menguji bagaimana respon imun atau antibodi yang dihasilkan sesudah seseorang diberikan vaksin tersebut, apakah nantinya bisa memberikan perlindungan pada tubuh si penerima vaksin atau tidak.

Uji klinik fase 1 dan juga fase 2 bisa dilakukan secara bersamaan karena para peneliti menggunakan platform pembuatan virus yang sudah digunakan berdasarkan hasil penemuan vaksin sebelumnya.

Indra juga menambahkan bahwa safety profil dari vaksin tersebut sudah terlihat dan menunjukan kalau vaksin tersebut aman. Sehingga pada fase dan juga fase 2 yang melibatkan beberapa volunteer yang lebih besar dan nanti efikasinya bisa dilihat.

Pada kesempatan tersebut juga, Indra yang terlibat secara langsung dalam tim uji klinik pada vaksin virus corona di Oxford University juga membahas secara mendalam mengenai perkembangan dari vaksin corona yang sedang dikembangkan oleh pihak Oxford.

Vaksi yang dibuat oleh para ilmuwan yang ada di Oxford tersebut didasarkan kepada adenovirus simpanse yang sudah dimodifikasi agar bisa menghasilkan protein didalam sel manusia yang juga dibuat oleh virus corona atau Covid-19. Vaksin itu sendiri diberi nama ChAdOx1 nCoV-2019.

Vaksin tersebut diharapkan bisa melatih sistem pada kekebalan tubuh manusia agar selanjutnya dapat mengenali protein dan membantu menghentikan virus Covid-19 baru yang memasuki sel tubuh manusia.

Vaksin adenovirus tersebut diketahui bisa mengembangkan respons dari imun yang kuat dengan dosis tunggan dan bukan hasil dari replikasi virus.

Oleh sebab itu, vaksin tersebut tidak akan menyebabkan infeksi dan juga lebih aman bagi anak-anak, pasien dan juga orang tua yang memiliki penyakit penyerta seperti misalnya penyakit diabetes.

Indra juga menambahkan bahwa vaksin adenovirus yang dikembangkan oleh pihak Oxford tersebut juga mampu membawa DNA atau gen dari organisme lain, misalnya dalam kasus ini adalah gen spike protein virus corona SARS-CoV-2 yang menjadi target dari vaksin. Selain itu ChAdOx1 nCoV-2019 tersebut juga aman digunakan sebagai pembawa vaksin.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Data tes pasien Covid-19 dicuri hacker. Pencurian data pribadi dikabarkan kembali terjadi di Indonesia. Sekarang peretas dengan nama akun Database Shopping

Data Tes Pasien Covid-19 Indonesia dicuri Hacker

Data Tes Pasien Covid-19 Indonesia dicuri Hacker lebakcyber.net – Data tes pasien Covid-19 Indonesia dicuri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *