Monday , November 20 2017
Home / MariaDB / Perintah Where Di Database MariaDB

Perintah Where Di Database MariaDB

Perintah Where Di Database MariaDB

Lebakcyber.net – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perintah Where di database MariaDB. Perintah Where bisa digunakan bersamaan dengan perintah Select, Insert, Update dan juga Delete untuk memilih data yang ingin ditampilkan di database MariaDB.

Syntax Perintah Where Di Database MariaDB

Berikut ini adalah syntax penulisan dari database MariaDB

[command] field1, field2

From nama_tabel

Where [kondisi]

Perintah Where dengan Satu Kondisi

Pada contoh dibawah ini kita masih menggunakan database dengan nama lebakcyber yang didalamnya terdapat tabel siswa. Kita akan mencoba mencari data yang ada didalam tabel siswa yang memiliki nama Bintang, maka perintah di database MariaDB dengan ditambahkan klause Where. Maka perintahnya adalah seperti berikut :

 Select * from siswa

Where nama_siswa = 'Bintang'

Nanti hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :

Perintah Where Di Database MariaDB

Perintah Where dengan kondisi AND

Contoh kedua adalah menggabungkan perintah Where dengan kondisi And, pada contoh ini kita akan coba mencari data siswa yang bernama Muhammad Rafi dengan alamat di Pandeglang. Maka perintah query di database MariaDBnya adalah seperti berikut ini :

 select * from siswa

where nama_siswa = 'Muhammad Rafi'

And alamat_siswa = 'Pandeglang' 

Nanti hasilnya akan menampilkan siswa dengan nama Muhammad Rafi dengan alamat di Pandeglang seperti pada gambar dibawah ini :

Perintah Where dengan kondisi OR

Contoh ketiga adalah menggabungkan perintah where dengan kondisi OR. Pada contoh ini kita akan mencoba mencari siswa dengan nama Bintang atau semua siswa yang memiliki alamat di Pandeglang. Maka perintah query di database MariaDB adalah seperti berikut ini :

select * from siswa

where nama_siswa = 'Bintang'

or alamat_siswa = 'Pandeglang'

Nanti hasilnya akan menampilkan siswa dengan nama Bintang atau semua siswa yang memiliki alamat di pandeglang seperti pada gambar dibawah ini :

Oke itulah beberapa contoh mengenai perintah where di database MariaDB, semoga tutorial sederhana ini dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mempelajari database MariaDB.

Jangan lupa untuk selalu mengunjungi situs lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial mengenai database MariaDB lainnya ataupun mengenai tutorial-tutorial database lainnya. Sampai bertemu di tutorial belajar database MariaDB lainnya ya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net

Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *