Monday , November 20 2017
Home / MariaDB / Perintah Delete Data Di Database MariaDB

Perintah Delete Data Di Database MariaDB

Perintah Delete Data Di Database MariaDB

lebakcyber.net – Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang bagaimana cara melakukan perintah delete data di database MariaDB. Perintah Delete sendiri digunakan untuk menghapus satu atau lebih record yang ada didalam tabel di database MariaDB.

Syntax Perintah Delete Di MariaDB

Delete From nama_tabel

Where kondisi

Contoh Perintah Delete Data Menggunakan Satu Kondisi

Dibawah ini adalah contoh perintah delete data menggunakan satu kondisi, untuk contoh kali ini kita masih menggunakan database lebakcyber yang didalamnya terdapat tabel siswa dan kita akan menghapus siswa dengan nama firdan ardiansyah.

Pertama kita tampilkan dulu semua data yang ada didalam tabel siswa dengan perintah select seperti dibawah ini :

Select * from siswa

Perintah Delete Data Di Database MariaDB

Pada contoh kali ini, kita akan coba untuk menghapus siswa dengan nama firdan ardiansyah yang memiliki id_siswa 10108822. Kita akan menghapus siswa dengan nama firdan ardiansyah tersebut berdasarkan id_siswa yang dia miliki, maka perintah delete di database MariaDB adalah seperti berikut ini :

Delete from siswa

Where id_siswa = '10108822'

Perintah Delete Data Di Database MariaDB

Sekarang coba kita tampilkan lagi daftar siswa dengan menggunakan perintah select untuk memastikan apakah siswa dengan nama firdan ardiansyah dengan id siswa 10108822 sudah terhapus atau belum. Perintahnya seperti berikut ini :

Select * from siswa

Perintah Delete Data Di Database MariaDB

Yup bisa kita lihat pada gambar diatas bahwa siswa dengan nama firdan ardiansyah dengan id siswa 10108822 sudah terhapus dari tabel siswa yang ada didatabase lebakcyber.

Seperti itulah perintah delete data di database MariaDB, semoga tutorial sederhana ini bisa bermanfaat bagi kalian yang baru saja mempelajari database MariaDB.

jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial mengenai database MariaDB dan juga tutorial-tutorial mengenai dunia komputer lainnya. Sampai bertemu di tutorial selanjutnya ya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net

Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *