Wednesday , December 13 2017
Home / Blogging / Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membuat Blog

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membuat Blog

foto : internet

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membuat Blog

lebakcyber.net – Kalau kamu membaca artikel ini karena kamu sudah memutuskan untuk membuat sebuah blog, selamat! Karena pada artikel kali ini saya akan sharing apa sih yang harus menjadi perhatian kamu sebelum membuat blog. Jadi silahkan baca artikel perhatikan hal berikut sebelum membuat blog ya.

Blog yang kamu punya akan mencari sarana untuk kamu berbagi hal-hal yang kamu sukai dan juga meningkatkan kreativitas dari diri kamu. Membuat blog juga bisa meningkatkan semangat kamu untuk mempelajari ilmu baru dan membuat koneksi baru. Bahkan blog kamu juga bisa menghasilkan uang loh.

Dengan menggunakan tips dan strategi yang benar, bukan tidak mungkin kalau blog kamu bisa menghasilkan uang tambahan, bahkan banyak blogger yang rela keluar dari pekerjaan utamanya karena ingin benar-benar fokus pada blog yang mereka miliki loh.

Tapi kamu harus tahu, dibutuhkan kerja keras dan juga dedikasi agar blog kamu bisa sukses dan mampu bersaing dengan blog lainnya. Sebab itulah saya memutuskan untuk menulis artikel dengan judul perhatikan hal berikut sebelum membuat blog untuk berbagi informasi mengenai semua hal yang harus kamu tahu sebelum blog kamu mulai diluncurkan.

Saya harap tips berikut ini bisa membuat blog yang kamu miliki menuju jalan kesuksesan sejak awal blog kamu dibuat.

Pilih Niche Yang Tepat Untuk Blog Kamu

Memang penggunaan niche yang tepat dikalangan para blogger masih menjadi sesuatu yang kontroversial. Karena tidak semua orang percaya bahwa sebuah blog membutuhkan niche yang khusus agar bisa sukses.

Niche sendiri adalah pemilihan mengenai apa yang secara khusus dibahas pada blog kamu, misalnya kamu memilih niche blog yang berhubungan dengan teknologi, tips blogging, kuliner, otomotif atau berbagai pembahasan lainnya. Dengan memilih niche yang sesuai dengan hobi kamu, bisa membuat kamu menjadi lebih semangat karena kamu membahas suatu artikel yang kamu tulis diblog sesuai dengan minat yang kamu miliki.

Misalnya situs lebakcyber.net ini memilih untuk menggunakan niche yang berhubungan dengan ilmu komputer dan juga teknologi. Dimana didalam situs lebakcyber.net kamu bisa menemukan berbagai macam artikel mengenai ilmu programming, informasi mengenai dunia teknologi, game dan juga tips blogging yang sedang saya tulis ini.

Yang paling penting saat memilih niche dari blog yang akan kamu gunakan adalah, pastikan topik yang kamu tulis di blog sesuai dengan passion dan hobi kamu. Jadi setidaknya kamu tidak memaksakan diri untuk menulis artikel yang tidak sesuai dengan hobi atau pasion kamu.

Pilih Nama Domain

Setelah kamu memutuskan topic pada blog kamu, selanjutnya kamu harus memilih nama dari domain yang akan kamu gunakan. Memilih nama dari blog kamu sama seperti memilih nama untuk bisnis, dibutuhkan pemikiran yang matang dan juga harus bisa digunakan untuk jangka panjang serta menjual.

Tips dibawah ini bisa kamu gunakan untuk memilih nama blog yang tepat :

  1. Gunakan nama blog yang tidak terlalu panjang dan mudah untuk diketik
  2. hindari menggunakan angka dan juga karakter khusus
  3. Gunakan ekstensi .com, .co.id, ataupun top level domain lainnya.

Bangun Blog Kamu

Pada dasarnya kamu harus memutuskan platform blogging dan juga perusahaan hosting yang akan kamu gunakan. Untuk platform blogging, saya sarankan kamu menggunakan wordpress.org dan untuk hosting saya sarankan kamu menggunakan jasa hosting dari nusantarahost.

Pilih Tema Blog Yang Tepat

Setelah kamu menyewa hosting dan menginstall wordpress, sekarang saatnya kamu harus memilih tema yang tepat yang akan digunakan pada blog kamu. Sebaiknya kamu membeli tema yang berbayar, karena biasanya tema gratisan tidak bisa dikustomisasi sesuai dengan keinginan kamu.

Jadi saya sarankan kamu membeli tema yang original ya, karena tema original bisa kamu kustomisasi sesuai dengan keinginanmu. Misalnya kamu ingin membangun blog untuk online shop, maka pastikan kalau kamu menggunakan tema blog yang mendukung fitur penjualan.

Mulai Bangun Pengunjung

Kalau kamu ingin membuat blogmu menjadi blog untuk bisnis, kamu harus membangun pengunjungmu dan mencari tahu bagaimana cara untuk bisa membantu mereka.

Kamu juga harus tahu, tipe pengunjung seperti apa yang datang mengunjungi blog kamu. Misalnya kamu membuat sebuah blog yang berisi traveling, pastinya pengunjung dari blog kamu juga orang yang suka traveling. Atau misalnya blog kamu berisi tentang teknologi, pasti sebagian besar pengunjungnya juga orang-orang yang suka teknologi.

Jadi kamu harus tahu apa yang pengunjung kamu butuhkan pada saat mengunjungi blog kamu. Cari tahu juga apa yang blogmu bisa berikan kepada para pengunjungmu agar mereka menjadi pengunjung setia yang selalu berkunjung ke blog kamu.

Lakukan Research

Kalau kamu sedang membaca artikel ini, selamat artinya kamu sedang melakukan research untuk bisa mengetahui ilmu dan informasi mengenai blogging. Jadi tetaplah lakukan research sebanyak mungkin. Di internet ada banyak informasi yang bisa kamu gunakan untuk research dan mendapatkan informasi baru.

Mulailah mengunjungi blog yang memiliki kesamaan dengan blog kamu, baca artikel mereka dan ambil pelajaran dari sana. Jangan lupa juga untuk mencari ilmu mengenai strategi blogging, jika kamu rasa sudah menemukan situs yang tepat yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan skill kamu didunia blogging jangan lupa untuk membookmarknya agar nantinya kamu lebih mudah kalau ingin berkunjung kembali.

Tulis Beberapa Konten Yang Saling Berhubungan

Bayangkan blog yang kamu miliki adalah sebuah toko buku. Dari begitu banyaknya buku yang kamu jual di toko buku tersebut, seorang pengunjung hanya membeli buku yang sesuai dengan minat mereka. Mungkin sedikit mengecewakan ya.

Jadi saya merekomendasikan untuk mempublish beberapa artikel yang saling berkaitan satu dengan lainnya. Ini akan membuat pengunjung blog kamu setelah membaca satu artikel, dia akan tertarik untuk membuka artikel lainnya yang ada diblog kamu. Jadi jangan lupa untuk membuat artikel yang saling berkaitan agar pengunjung blog kamu tidak langsung pergi setelah membaca satu artikel saja.

Buat Sosial Media Untuk Blog Kamu

Sosial media adalah hal yang wajib dimiliki oleh setiap blogger. Dengan memiliki sosial media bisa membuat pembaca setia blog kamu mendapatkan informasi yang up to date setiap ada artikel baru yang kamu publish di blog. Kamu bisa memulai membuat sosial media di Facebook, Twitter, Instagram dan juga pinterest.

Berikut ini adalah tips penting saat mulai membangun sosial media untuk blog kamu

Gunakan gambar profil yang sama untuk setiap sosial media yang kamu miliki. Ini akan membuat orang lebih mudah dalam mengenali blog kamu

Tambahkan tombol sosial media di sidebar blog kamu agar pengunjung blog kamu bisa memfollow sosial media yang kamu miliki dengan mudah

Gunakan tagline dan warna yang sama dengan warna yang kamu gunakan di blog, hal ini agar pengunjung lebih familiar saat melihat sosial media dan saat berkunjung ke blog kamu.

Saling Berhubungan Dengan Blogger Lain

Mulailah membuat hubungan dengan blogger lain saat kamu baru mulai membuat blog, kamu bisa berhubungan dengan blogger lain yang memiliki minat yang samat dengan niche blog yang kamu buat di group Facebok ataupun twitter. Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar yang berarti disalah satu postingan blog mereka, ikuti juga sosial media yang mereka miliki agar hubungan antar sesama blogger semakin terjalin.

Jangan lupa untuk memperkenalkan blog yang kamu miliki kapanpun juga. Hal itu akan meningkatkan kesempatan blog yang kamu miliki semakin dikenal dikalangan blogger lainnya.

Walapun tidak semua blogger akan memberikan respon yang positif, namun kalangan blogger biasanya lebih banyak yang akan menyambut baik bagi blogger baru. Hal tersebut akan membuat mood dan semangat kamu menjadi lebih meningkat saat melakukan blogging.

Promosikan Blog Kamu

Sekarang kamu sudah mulai sedikit mengerti bukan tentang hal yang harus dilakukan pada saat pertama kali melakukan blogging. Jadi sekarang tentukanlah hari dimana kamu siapa untuk meluncurkan blog kamu. Jika blog kamu sudah dibuat, jangan lupa untuk membuat gambar promosi yang bisa kamu bagikan kepada teman-teman, komunitas blogging online dan juga media sosial yang kamu miliki.

Buat orang-orang menjadi lebih familiar dengan blog yang kamu buat. Jaga mereka agar tetap update mengenai artikel-artikel baru yang ada di blog kamu, agar mereka akan selalu berkunjung ke blog yang kamu bangun.

Oke inilah akhir pembahasan kita mengenai perhatikan hal berikut sebelum membuat blog, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu yang baru ingin membuat sebuah blog dan bisa mendapatkan pengunjung, syukur-syukur kalau blog kamu bisa langsung menghasilkan uang di beberapa bulan pertama.

Kalau ada pertanyaan silahkan kamu komentar di bawah ini, dan jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net agar kamu bisa tetap terhubung dengan saya dan mendapatkan informasi-informasi baru mengenai dunia blogging, sampai jumpa di tutorial blogging selanjutnya.

About Karina Karenina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *