Wednesday , February 21 2024
Perbedaan Layar IPS Dengan Amoled
Perbedaan Layar IPS Dengan Amoled

Perbedaan Layar IPS Dengan Amoled

Perbedaan Layar IPS Dengan Amoled

lebakcyber.net – Perbedaan Layar IPS Dengan Amoled. Layar Amoled dengan IPS sangat sering menjadi pertimbangan pada saat seseorang akan membeli sebuah smartphone. Kedua jenis layar tersebut memang merupakan jenis layar yang paling umum dipakai pada berbagai smartphone.

Layar Amoled dengan IPS sendiri memang memiliki karakteristik yang berbeda dan juga ada beberapa kelebihan serta kekurangan dari kedua layar tersebut. Dan berikut ini adalah karakter dan juga perbedaan dari kedua layar tersebut.

Karakter Layar Amoled

Layar Amoled atau Active-Matrix Organic Light Emitting Diode yang merupakan sebuah layar yang berasal dari penyempurnaan teknologi layar OLED.

Advertisements

Layar Amoled ini memiliki perbedaan dengan IPS, hal tersebut dikarenakan layar AMOLED memakai teknologi matriks aktif yang bisa mengatur setiap pikselnya satu persatu. Layar ini memakai Thin-Film Transistor atau TFT yang dapat mengatur setiap piksel pada layarnya.

Hal tersebut membuat setiap piksel dapat mati atau menyala secara independen berdasarkan kontrol yang dilakukan oleh penggunanya. Layar AMOLED sendiri adalah jenis layar yang mempunyai warna yang lebih kaya dibandingkan IPS.

Mirip dengan karakter pada layar OLED. Meski begitu, jenis layar AMOLED ini menggunakan daya baterai yang lebih sedikit kalau dibandingkan dengan layar OLED. Hal tersebut karena pada saat menampilkan sebuah konten yang geap, beberapa piksel pada layar AMOLED bisa mati secara otomatis.

Advertisements

Karakter Layar IPS

IPS merupakan sebuah jenis layar LCD yang memiliki teknologi In-Panel Switching dan memakai teknologi kristal cair agar dapat menampilkan gambarnya.

Layar IPS ini memang memiliki keunggulan karena bisa lebih jelas terlihat pada saat berada dibawah sinar matahari secara langsung. Hal tersebut dikarenakan pemancaran cahaya latar pada layar IPS bergantung kepada cahaya belakang yang menerangi semua tampilan pada layar.

Keuntungan dari penggunaan layar dengan jenis IPS ini adalah harga dari produksinya yang bisa lebih murah dibandingkan dengan layar AMOLED. Dan usia pemakaian dari layar IPS ini juga diklaim bisa bertahan lebih lama kalau dibandingkan dengan layar jenis AMOLED.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *