Thursday , April 25 2019
Home / Android / Perbedaan Android One dan Android Go

Perbedaan Android One dan Android Go

foto : iguides.ru

Perbedaan Android One dan Android Go

lebakcyber.net – Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan Android One dan Android Go yang pada acara Google I/O 2017 kemarin diperkenalkan oleh Google. Android Go sendiri pada dasarnya adalah sistem operasi Android yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa untuk smartphone dengan spesifikasi kelas bawah.

Selain Android Go, Google juga memperkenalkan Android One yang mana Google mengeluarkan Android One untuk menyasar pasar di kawasan Asia Tenggara. Lalu dimana sih letak perbedaan antara Android One dan juga Android Go, langsung saja kita bahas dibawah ini ya.

Android One

Android One adalah sistem operasi buatan Google dimana Google merancang hardware dari sebuah smartphone untuk dipasarkan di negara-negara yang sedang berkembang. Dimana Google sendiri yang mengontrol semua Android One yang dirilis ke pasaran mulai dari perangkat keras sampai perangkat lunaknya seperti contohnya Google Pixel dan Nexus.

Ada beberapa syarat ketat yang harus dipenuhi yang merupakan kunci dari sistem operasi Android One dimana idenya adalah sistem operasi Android murni tanpa ada modifikasi dari pihak manufaktur, serta pembaruan keamanan yang dilakukan secara berkala dan spesifikasi maksimum dari sebuah smartphone yang ketat.

Android Go

Android Go merupakan salah satu projek Google yang memfokuskan diri pada sistem operasinya dan bukan kepada hardwarenya. Google membuat sebuah sistem operasi berbasiskan Android Oreo yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar bisa kompatibel dengan smartphone kelas low-end.

Karena dikhususkan pada smartphone kelas bawah, Android Go memiliki manajemen data yang lebih optimal dalam segi media penyimpanan serta penggunaan data seluler. Contohnya saja ukuran dari sistem operasi Android Go yang dipangkas hampir setengahnya dari Android Oreo yang normal.

Android Go sendiri sudah dilengkapi dengan fitur Data Saver yang sudah terpasang secara default pada sistem operasinya. Sehingga hal tersebut mampu membuat penggunaan paket data menjadi lebih awet dibandingkan dengan smartphone lainnya. Selain itu ada beberapa aplikasi khusus yang dibuat untuk Android Go seperti misalnya Youtube Go, Files Go, Google Go dan masih banyak aplikasi lainnya.

Jadi itulah perbedaan Android One dan Android Go pada sistem operasi Android, Android One adalah sekumpulan smartphone yang telah diatur oleh Google sedangkan Android Go adalah sebuah sistem operasi Android yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa oleh Google agar lebih ringan dan tidak terlalu banyak memakan resource pada smartphone.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *