Wednesday , May 27 2020
Home » The Lounge » Intermezzo » Penyebab Tingginya Angka Kematian Karena Corona

Penyebab Tingginya Angka Kematian Karena Corona

foto : doripos

Penyebab Tingginya Angka Kematian Karena Corona

lebakcyber.net – Penyebab tingginya angka kematian karena corona. Fakultas Kedokteran UI (Universitas Indonesia) mengatakan bahwa angka kematian yang tinggi di Indonesia karena virus corona / COVID-19 karena disebabkan banyaknya pasien yang telat diberikan perawatan dini.

Ari Fahrial Syam selaku dekan FKUI mengakatan kalau pihaknya sudah menelusuri hal tersebut berdasarkan beberapa kasus. Tidak sedikit juga dari pasien yang sedang berada dalam kondisi yang buruk saat ditangani oleh dokter di rumah sakit yang menjadi rujukan.

Ari dalam diskusi online melalui akun YouTube Medicine UI yang diadakan pada hari jum’at (27/03/2020) mengatakan bahwa rumah sakit yang menjadi rujukan sudah penuh atau rumah sakit yang pada awalnya memiliki kapasitas terbatas akhirnya harus dikirim. Hal tersebutlah yang biasanya menyebabkan pasien datang ke rumah sakit rujukan menjadi terlambat.

Advertisements

Ari menambahkan, sebenarnya dokter yang ada di rumah sakit rujukan dapat melakukan prediksi dari akibat terburuk yang disebabkan kalau menerima pasien sedini mungkin, lalu selanjutnya melakukan langkah yang tepat. Tapi kalau sudah dalam kondisi terburuk, maka pasien akan semakin sulit untuk dapat diselamatkan.

Ari menambahkan saat dilakukan pemeriksaan trombosit turun, fungsi hati dan tekanan darah juga menurun serta kesadaran sulit untuk diajak berkomunikasi dan fungsi ginjal turun.

Advertisements

Ari juga menilai kalau rumah sakit yang menjadi rujukan yang sudah penuh dan sudah tidak dapat lagi menerima pasien baru jadi penghambat untuk seseorang mendapatkan perawatan sejak dini. Lebih lagi kalau tidak sedikit masyarakat yang cemas dan ingin melakukan pengecekan kesehatannya walau hanya mengalami gejala ringan saja.

Ari mengatakan kalau 70 – 80 persen pasien corona yang ada di Indonesia memiliki gejala yang ringan. Namun mereka berbondong ke rumah sakit dan saling bersaing dengan pasien yang memiliki gejala lebih kritis.

Menurut Ari, tidak semua pasien harus diisolasi di rumah sakit yang menjadi rujukan. Tapi orang dengan gejala ringan bisa melakukan isolasi diri di rumah saja.

Faktor lainnya yang membuat angka kematian di Indonesia tinggi akibat corona adalah masalah kesehatan. Misalnya saja alat bantu pasien untuk bernafas seperti ventilator yang jumlahnya sangat terbatas. Alat cuci darah untuk pasien yang sedang mengalami komplikasi pada fungsi ginjalnya juga terbatas.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *