Sunday , September 24 2017
Home / The Lounge / Tips dan Trik / Penyebab Komputer Sering Mengalami Hang

Penyebab Komputer Sering Mengalami Hang

foto : jaimeguerard.wordpress.com

Penyebab Komputer Sering mengalami Hang

lebakcyber.net – Oke pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penyebab komputer sering mengalami hang. Biasanya komputer sering hang ini datang disaat yang tidak diinginkan, kesel kan kalau lagi ngejar deadline tau-tau komputer kita hang.

Kamu harus tau juga kalau komputer atau laptop itu juga bisa merasakan capek karena digunakan secara terus-menerus dan sekarang kita akan membahas apa sih penyebab komputer jadi sering hang.

Penyebab Komputer Hang Karena RAM

Kaki-kaki yang ada pada RAM sangat mudah kotor dan berdebu karena kondisi di sekitar perangkat yang lembab dan juga tidak bersih. Hal tersebut juga bisa menyebabkan masalah Blue Screen pada komputer dan salah satu penyebab komputer sering mengalami hang.

Untuk mengatasi masalah tersebut silahkan kalian bersihkan kaki-kaki RAM tersebut dengan menggunakan kain halus ataupun kalian bisa menggunakan karet penghapus untuk membersihkannya.

Hardware Konflik

Masalah kedua yang bisa menyebabkan komputer kalian hang adalah masalah hardware konflik. Misalnya kalian memasang VGA Card namun sayangnya motherboard kalian tidak mendukung VGA Card tersebut, nah hal seperti itu juga bisa menyebabkan komputer hang karena masalah hardware.

Masalah Software

Masalah ketiga adalah software, yup pemasangan software atau perangkat lunak yang tidak sesuai dengan sistem operasi yang kalian gunakan dapat menyebabkan komputer kalian menjadi hang.

Untuk menghindari masalah tersebut ada baiknya sebelum menginstal perangkat lunak kalian perhatikan terlebih dahulu system requirement dari software yang ingin kalian install, dan pastikan bahwa sistem operasi yang kalian gunakan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh software tersebut.

Masalah Virus

Virus atau malware memang bisa membuat komputer yang kalian miliki mengalami hang, karena biasanya virus atau malware membuat kinerja komputer menjadi berat dengan memakan resource seperti RAM dan Processor untuk memproses pekerjaan yang tidak dibutuhkan yang disebabkan oleh virus.

Cara mencegah komputer hang karena masalah virus itu sangat mudah, kalian bisa menginstall anti virus agar terhindar dari virus ataupun malware yang berbahaya dan menyebabkan komputer kalian mengalami hang.

Masalah Harddisk

File-file yang tidak tersusun dengan benar pada harddisk dapat menyebabkan komputer yang kalian miliki mengalami hang. Karena hal tersebut bisa menyebabkan lambatnya pembacaan oleh sistem dan mengakibatkan beratnya proses pada harddisk.

Cara mencegahnya bisa dengan melakukan defrag pada harddisk yang kalian miliki. Melakukan defrag bisa kalian lakukan misalnya 2-3 bulan sekali agar file-file yang ada pada harddisk menjadi lebih tersusun dan rapi.

Komputer hang karena panas

Oke ini masalah yang disebabkan oleh suhu di komputer kalian yang terlalu panas, hal tersebut juga bisa menjadi salah satu penyebab komputer kalian sering mengalami hang.

Untuk mengatasi hal komputer hang karena panas kalian bisa menambahkan beberapa fan tambahan agar panas yang ada di komputer bisa lebih terjaga.

Oke itulah beberapa penyebab komputer atau laptop yang kalian miliki sering mengalami hang. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial dan tips & trik mengenai dunia komputer lainnya ya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *