Wednesday , February 21 2024

Penyebab Akun TikTok Terkena Shadow Ban

Penyebab Akun TikTok Terkena Shadow Ban

Penyebab Akun TikTok Terkena Shadow Ban

lebakcyber.net – Penyebab Akun TikTok Terkena Shadow Ban. Dalam rangka melakukan proses pembatasan konten pengguna secara tidak langsung, pihak TikTok mengambil tindakan yang disebut dengan Shadow Ban tanpa memberitahu dengan jelas kepada pengguna.

Saat pengguna TikTok terkena shadow ban, konten-konten yang mereka buat biasanya tidak akan muncul pada halaman For Your Page (FYP) yang ada di halaman para followersnya dan juga tidak akan muncul pengguna lain pada hasil pencarian atau fitur eksplorasi.

Shadow ban sendiri biasanya terjadi karena pengguna TikTok sudah melanggar panduan komunitas TikTok yang menyebabkan akun mereka terkena shadow ban dalam jangka waktu tertentu. Biasanya akun yang terkena shadow ban di TikTok tersebut akan mengalami penangguhan selama satu sampai dua minggu lamanya.

Advertisements

Lalu apa yang menyebabkan akun TikTok sampai terkena shadow ban dan juga bagaimana cara untuk mengatasi shadow ban di TikTok tersebut? berikut ini ulasannya.

Penyebab Terkena Shadow Ban di TikTok

Shadow ban biasanya terjadi karena pengupload sudah beberapa kali melakukan pelanggaran panduan komunitas yang dibuat oleh TikTok, dan berikut ini adalah beberapa kemungkinan jenis pelanggaran yang sudah dilakukan :

Postingan Yang di Upload Mengandung Konten Dewasa

Pihak TikTok melarang kepada para penggunanya untuk tidak memposting konten yang berhubungan dengan pornografi atau juga aktifitas yang mengandung unsur seksual lainnya.

Advertisements

Dalam beberapa kasus yang terjadi bahkan ada yang sampai mengalami pemnblokiran akun secara permanen dari pihak TikTok akibat melanggar panduan komunitas tersebut.

Mempomosikan Tantangan dan Tindakan Berbahaya

Aplikasi TikTok juga sering kali dijadikan sebagai media yang mengundang engagement. Agar bisa mendapat keterlibatan tinggi dengan pengguna lainnya, tidak jarang beberapa pengguna TikTok melakukan sebuah challenge yang berbahaya.

Hal tersebut juga bisa menjadi akun TikTok mengalami shadow ban karena dirasa telah menormalkan sebuah tindakan atau kegiatan yang berbahaya yang bisa menyebabkan cedera sampai kematian.

Terlibat Pelecehan dan Intimidasi

Platform TikTok dibuat dengan tujuan untuk menciptakan sebuah komunitas yang inklusif yang juga mengekspresikan sebuah ekspresi individu. Tapi pihak TikTok juga melarang para penggunanya agar tidak membuat sebuah konten yang bisa mempermalukan pengguna lain, pelecehan dan juga intimidasi.

Konten apapun yang mengandung unsur kekerasan, melecehkan pengguna lain sampai melakukan pengancaman bisa beresiko terkena shadow banned.

Menampilkan Kekerasan

Pihak TikTok juga melarang kepada para pengguna platformnya untuk tidak mengupload konten yang mengandung unsur kekerasan karena hal tersebut dianggap sudah melanggara panduan komunitas yang dibuat oleh TikTok.

Melanggar Hak Cipta

Melanggar hak cipta dari orang lain merupakan hal yang umum kenapa akun pengguna TikTok mengalami shadow banned. Pelanggaran tersebut biasanya adalah sebuah postingan yang dibuat oleh orang lain dan juga melanggar hak cipta, hak atas kekayaan intelektual, merek dagang dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu sebaiknya pada saat membuat sebuah konten di TikTok, konten yang dibuat tersebut harus original dan bukan konten plagiat dari pengguna lain.

Mengatasi Shadow Banned di TikTok

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi shadow banned di platform TikTok yang bisa teman-teman coba.

Menunggu Sampai Akun Pulih

Biasanya shadow banned pada platform TikTok terjadi sekitar satu sampai dua minggu lebih. Teman-teman dapat coba berhenti sebentar untuk memainkan TikTok serta menunggu pihak pusat untuk kembali memulihkan akun teman-teman yang terkena shadow banned.

Menghapus Konten Yang Melanggar Panduan

Lakukan pengecekan pada postingan yang diupload apakah terdapat unsur yang melanggar Panduan Komunitas TikTok atau tidak. Kalau dirasa memang ada konten yang melanggar, ada baiknya untuk segera menghapus konten tersebut.

Melakukan Install Ulang Aplikasi TikTok

Kalau dengan melakukan proses penghapusan video membuat masalah teman-teman belum selesai, ada baiknya juga untuk melakukan penghapusan dan menginstall ulang aplikasi TikTok.

Cara tersebut agar melakukan pembersihan data yang tersimpan pada aplikasi serta melakukan pembaruan pada aplikasi TikTok agar bisa berfungsi kembali dengan baik. Setelah langkah tersebut dilakukan, akun TikTok teman-teman akan berfungsi seperti biasa.

Meminta Bantuan ke Pihak TikTok

Kalau beberapa cara diatas masih dirasa belum begitu manjur, cobalah untuk meminta bantuan pemulihan melalui pusat bantuan yang ada di aplikasi TikTok. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Masuk ke akun “TikTok”
  • Masuk ke menu “Pengaturan dan Privasi”
  • Masuk ke menu “Laporkan Masalah”
  • Terkahir pilih “Pemulihan Akun” atau pilih “Kirim Laporan” untuk mengirimkan laporan mengenai masalah teman-teman.

Jadi itulah beberapa penyebab akun TikTok teman-teman mengalami shadow banned dan juga bagaimana cara untuk mengatasi akun TikTok yang terkena shadow banned tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *