Sunday , October 25 2020
Home » The Lounge » News » Penonton Twitch Mengalami Peningkatan

Penonton Twitch Mengalami Peningkatan

foto : Twitch

Penonton Twitch Mengalami Peningatakan

lebakcyber.net – Penonton Twitch mengalami peningkatan. Media platform streaming Twitch berhasil menarik minat para audiens di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Hal tersebut dikarenakan selama periode di bulan April sampai bulan Juni atau kuartal kedua di tahun 2020 ini pengguna Twitch tercatata sudah menonton selama kurang lebih 5 miliar jam pada konten yang ada pada platform tersebut.

Hal tersebut juga diketahui berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh dua firma riset industri game, Aresenal.gg dan juga StreamElements.

Advertisements

Angka tersebut berdasarkan keterangan dari pihak StreamElements mengalami peningkatan sebesar 56 persen jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Peningkatan jumlah penonton atau jumlah jam dilihat mengalami puncaknya pada bulan April dimana para pengguna menghabiskan waktu sekitar 1,8 miliar jam untuk melihat berbagai macam konten yang ada di Twitch.

Advertisements

Pada akhir kuartal kedua di tahun 2020 atau di bulan Juni, para pengguna Twitch sudah melihat sekitar 1,5 miliar jam konten video yang ada pada platform tersebut.

Angka tersebut juga mengalami peningkatan sebesar 60 persen kalau dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Saat itu data hours watched mencatat angka watch hours mencapai angka 939 juta jam.

Berdasarkan keterangan dari pihak StreamElemnts, peningkatana tersebut disebabkan oleh kebiasaan para pengguna Twitch yang berubah selama masa pandemi Covid-19 berlangsung.

Pada saat-saat seperti sekarang ini tidak sedikit dari mereka yang terjebak didalam rumah dan juga mencari alternatif hiburan online yang lain dan salah satu solusinya adalah melihat tayangan live streaming pada platform Twitch.

Chase, selaku Head of Communications for StreamElements and Global Emote Twitch mengatakan bahwa dengan banyaknya orang yang terjebak didalam rumah akibat dari pandemi, fokus mereka hanya tertuju pada hiburan online, baik itu yang melihat ataupun bagi mereka yang menyediakan konten.

Arsenal.gg dan juga StreamElements melaporkan juga bahwa selain Twitch, platform Facebook gaming juga ikut diserbu oleh para pengguna di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini.

Bahkan kalau dibandingkan dengan kuartal 1, peningkatan yang didapat Facebook Gaming dari viewership pada kuartal kedua mencapai angka 75 persen. Walau begitu, angka total jumlah tontonannya lebih sedikit kalau dibandingkan dengan Twitch.

Dikutip dari halaman StreamElements, Senin (27/07/2020) ada beberapa kemungkinan yang mengakibatkan angka tontonan tersebut mengalami peningkatan dan akan terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu dan kemungkinan dapat melampaui Twitch.

Hal tersebut dikarenakan karena belum lama ini Mixer, yang merupakan platform streaming game yang dibuat oleh Microsoft sudah bergabung dengan Facebook Gaming. Dimana artinya para pengguna dan juga para konten kreator yang selama ini menggunakan Mixer terpaksa harus berpindah ke Facebook Gaming atau berpindah ke platform lain.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Aplikasi Streaming Game dari Facebook

Aplikasi Streaming Game dari Facebook

Aplikasi Streaming Game dari Facebook lebakcyber.net – Aplikasi Streaming Game dari Facebook. Agar dapat memutus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *