Saturday , November 17 2018
Home / CSS / Pengertian Selector, Property dan Value di CSS

Pengertian Selector, Property dan Value di CSS

Pengertian Selector, Property dan Value di CSS

lebakcyber.net – Setalah pada tutorial sebelumnya kita mempelajari bagaimana cara memasukan kode CSS ke halaman HTML, sekarang kita akan membahas mengenai pengertian Selector, Property dan Value di CSS.

Pengertian Selector di CSS

Selector digunakan untuk mencari bagian dari halaman web yang ingin dirubah stylenya. Misalnya “cari seluruh link yang ada didalam tag<p>” atau “cari seluruh tag HTML yang memiliki atribut class=”warning”.

Contoh selector paling dasar dari css adalah tag dari HTML itu sendiri, misalnya tag<p>, tag<h3>, tag<i> dan sebagainya. Selector yang ada pada css bisa menjadi sangat komplek tergantung dari kebutuhannya masing-masing dan kita akan membahas mengenai selector ini lebih lanjut pada tutorial CSS selanjutnya.

Pengertian Property di CSS

Pengertian propery di CSS adalah jenis style atau elemen apa yang dibutuhkan dari sebuah tag yang ada pada HTML. Di CSS sendiri ada puluhan property yang bisa digunakan untuk merubah tampilan dari halaman HTML agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Hampir semua property pada CSS bisa digunakan untuk seluruh selector.

Pengertian Value di CSS

Pengertian Value di CSS adalah nilai dari suatu property. Misalnya untuk property color yang digunakan untuk merubah warna teks dari sebuah selector, valuenya bisa berupa red, black, blue atau warna-warna lainnya.

Untuk lebih jelasnya mengenai selector, property dan value di CSS silahkan perhatikan perintah CSS dibawah ini :

h3{color:blue}

Penjelasan :

  • h3 adalah selector.
  • color adalah property
  • blue adalah value

Jadi itulah pengertian Selector, Property dan Value di CSS. Sampai jumpa di tutorial belajar CSS lainnya di situs lebakcyber.net

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *