Thursday , October 18 2018
Home / Android / Pengertian ROM Pada Sistem Operasi Android

Pengertian ROM Pada Sistem Operasi Android

foto : ptzgovorit.ru

Pengertian ROM Pada Sistem Operasi Android

lebakcyber.net – Sudah berapa lama kamu menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android? Pasti kamu pernah mendengar istilah ROM bukan pada Android kan? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian ROM pada sistem operasi Android yang sehari-hari kamu gunakan.

ROM sendiri merupakan singkatan dari Read Only Memory. Pada sistem operasi Android istilah ROM digunakan dengan pengertian yang berbeda. Karena kalau biasanya ROM merujuk kepada perangkat keras, ROM di sistem operasi Android sendiri lebih berbentuk perangkat lunak (Software).

Maksud dari ROM Android adalah sistem operasi Android itu sendiri. Namun karena Android bersifat Open Source, banyak vendor yang menggunakan kode asli Android dan mengubahnya sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing. Misalnya kalau kamu menggunakan Smartphone Samsung, pasti ROM yang digunakan oleh smartphone Samsung tersebut akan berbeda dengan ROM yang digunakan pada smartphone Android lainnya.

Berbeda dengan sistem operasi iOS yang dimiliki oleh Apple. Sistem operasi iOS tersebut hanya bisa digunakan pada smartphone iPhone ataupun iPad, sehingga kalau kamu menggunakan iPhone versi apapun maka tampilannya pasti akan sama. Berbeda dengan Android, kalau kamu biasanya menggunakan smartphone dengan merk Samsung, pasti butuh penyesuaian lagi kalau kamu berganti smartphone ke merk Asus misalnya.

Selain itu, ada juga istilah Custom ROM pada sistem operasi Android. Lalu apa lagi itu pengertian dari Custom ROM Android.

Pengertian Custom ROM Android

Sebenarnya ROM Android dan juga Custom ROM Android menunjukan hal yang sama, yaitu sama-sama ROM Android. Namun Custom ROM merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukan ROM Android yang bukan dibuat oleh vendor smartphone. Jadi kamu bisa merubah ROM Android kamu sendiri dengan custom ROM yang bukan dibuat oleh vendor aslinya.

Cyanogenmod (Sekarang lebih dikenal dengan sebutan Lineage OS) merupakan salah satu Custom ROM yang paling terkenal. Sistem operasi ini bisa dipasang pada beberapa merk smartphone. Bahkan Lineage OS memiliki halaman dukungan khusus yang menyediakan daftar perangkat yang didukung oleh sistem operasi Lineage tersebut.

Jadi itulah pengertian ROM pada sistem operasi Android, dan sekarang kamu menjadi lebih tahu kan apa itu pengertian dari ROM Android ataupun Custom ROM pada Android.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *