Wednesday , January 20 2021
Home » JavaScript » Pengenalan dan Pengertian JavaScript

Pengenalan dan Pengertian JavaScript

Pengenalan dan Pengertian Javascript

lebakcyber.net – Pengenalan dan pengertian Javascript. Javascript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sekarang ini sangat sering digunakan duta puluh tahun kebelakang ini. Selain itu Javascript juga dikenal sebagai salah satu dari bahasa pemrograman utama yang sering digunakan web developer, beberapa bahasa pemrograman yang harus dikuasai oleh web developer adalah :

  • HTML : HTML sendiri memungkinkan para web developer untuk menambahkan sebuah konten kedalam halaman website yang sedang dibuat.
  • CSS : CSS bisa digunakan untuk membuat style, layout dan lain sebagainya agar halaman web yang dibuat terlihat lebih indah.
  • JavaScript : JavaScript sendiri biasanya digunakan untuk menyempurnakan tampilan dari sebuah website dan juga sistem pada halama website yang dibuat.

Sejarah JavaScript

Brandan Eich merupaka otak dari terciptanya JavaScript yang merupakan seorang karyawan dari Netscape, Brandan membuat dan mendesain JavaScript hanay dalam waktu selama sepuluh hari di bulan September tahun 1995 lalu.

Pada awalnya JavaScript disebut Mocha, dan selanjutnya diganti menjadi Mona lalu akhirnya menjadi JavaScript. Pada versi pertamanya sendiri JavaScript tersebut hanya digunakan pada kalangan Netscape saja.

Advertisements

Di versi awalnya juga fungsi yang ditawarkan sangat terbatas sampai akhirnya JavaScript terus dikembangkan oleh komunitas developer yang secara terus menerus memberikan perbaikan pada bahasa pemrograman JavaScript.

Sejak saat itu JavaScript terus mengalami perkembangan dan juga tumbuh dengan pesat dan pada tahun 2016 lalu diketahui ada sebanyak 92% website yang dibuat dengan menggunakan JavaScript.

Advertisements

Hanya dalam waktu 20 tahun saja JavaScript telah berhasil menjadi salah satu perangkat yang sangat penting yang sering digunakan oleh para web developer dari yang sebelumnya hanya sebuah bahasa pemrograman yang minim fitur dan juga masih primitif.

Kelebihan JavaScript

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh JavaScript yang membuat bahasa pemrograman ini menjadi populer bagi para web developer, khususnya pada beberapa kasus tertentu. Dan berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman JavaScript :

  • Tidak dibutuhkannya compiler khusus, hal tersebut dimungkinkan karena browser sudah dapat menginterpretasikannya dengan HTML.
  • Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, JavaScript sangat mudah untuk dipelajari.
  • Kesalahan atau error sangat mudah untuk dicari dan juga dicari solusinya.
  • Bisa dialihfungsikan kedalam event tertentu misalnya pada saat pengguna melakukan klik dan juga pada element pada suatu halaman web yang dibuat.
  • JavaScript dapat digunakan pada berbagai platform, browser dan lain-lain.
  • Developer web bisa menggunakan JavaScript untuk membuat validasi input serta mengurangi pengecekan suatu data secara manual.
  • Dengan menggunakan JavaScript juga bisa membuat sebuah halaman web menjadi lebih interaktif yang memungkinkan untuk mendatangkan banyak pengunjung.
  • Lebih ringan dan juga cepat kalau dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya.

Intinya JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang dapat membuat website yang dibuat menjadi lebih menarik dan hidup. JavaScript berbeda dengan HTML dan juga CSS serta PHP, JavaScript dijalankan pada perangkat yang digunakan pengguna yang mengunjungi website yang developer buat dan bukannya dijalankan di server.

Itulah beberapa hal yang membuat bahasa pemrograman JavaScript ini menjadi begitu populer dikalangan para web developer karena JavaScript memiliki keunggulan dan juga kualitas yang sangat baik

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Membuat Function di Javascript

Membuat Function di Javascript

Membuat Function di Javascript lebakcyber.net – Membuat function di Javascript. Oke jadi pada kesempatan tutorial …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *