Monday , July 13 2020
Home » Games » Pembelian Game di Steam Akan Kena Pajak

Pembelian Game di Steam Akan Kena Pajak

foto : Steam

Pembelian Game di Steam Akan Kena Pajak

lebakcyber.net – Pembelian game di Steam akan kena pajak. Pajak adalah sebuah iuran dari rakyat kepada negara. Iuran tersebut biasanya digunakan untuk dapat membiayai pegawa negara dan juga untuk layanan masyarakat baik itu berupa barang, jasa ataupun juga fasilitas umum.

Pajak sendiri biasanya dibayarkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, baik itu dari impor barang berupa fisik. Tapi di Indonesia sendiri sepertinya sudah memantapkan diri untuk mengambil pajak tambahan bagi produk digital.

Pemerintah Indonesia memang memiliki rencana untuk menambahkan pajak sebesar 10 persen untuk produk yang dijual secara digital. Seperti Streaming film, musik, aplikasi sampai video game. Peraturan tersebut sendiri diatur dalam PMK Nomor 48/PMK.03/2020 dan rencananya akan dimulai pada tanggal 1 Juli tahun 2020 di seluruh Indonesia.

Advertisements

Hal tersebut dikonfirmasi langsung pada website partner resmi Steam yang memberikan peraturan mengenai pajak yang ditambahkan. Terhitung pada tanggal 1 Juli tahun 2020 nanti, Steam regional Indonesia akan mulai memberlakukan tambahan pajak sebesar 10 persen pada semua game digital yang dijualnya.

Dengan ditambahkannya pajak sebesar 10 persen tersebut secara otomati akan membuat harga game yang misalnya seharga Rp. 1 juta menjadi Rp. 1.100.000. Berbeda dengan kebanyakan negara lain yang sudah mulai menambahkan pajak sejak tahun 2015 lalu.

Advertisements

Di Indonesia sendiri baru akan mengenakan pajak tambahan pada tanggal 1 Juli 2020 nanti, berbarengan dengan Arab Saudi yang mengambil pajak sebesar 15 persen.

Jerman juga masuk kedalam daftar yang sama dengan Arab Saudi dan Indonesia yang akan mengenakan pajak sebesar 19 persen pada semua game yang dijual di Steam mulai tahun 2021 mendatang.

Sebelumnya keputusan dari peraturan tersebut sempat dinilai memberatkan beberapa pihak. Tapi sepertinya sudah sewajarnya bagi setiap negara untuk mengambil pajak dari produk digital tersebut agar pengembangan negara bisa menjadi lebih baik.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *