Wednesday , October 18 2017
Home / Blogging / Panduan Dan Tips SEO Untuk Para Blogger

Panduan Dan Tips SEO Untuk Para Blogger

foto : nirmal.com.au

Panduan Dan Tips SEO Untuk Para Blogger

lebakcyber.net – Blog yang kamu punya bisa menjadi alat pemasaran yang sangat berguna untuk bisa mendapatkan pemasukan tambahan. Namun kalau kamu ingin blog kamu benar-benar menghasilkan uang, orang-orang atau audience harus bisa menemukan blog kamu. Dan kali ini kita akan mengupas masalah panduan dan tips SEO untuk para Blogger.

Kalau saaat ini mayoritas pengunjung dari blog kamu berasal dari sosial media, mungkin membuat kamu berfikir kalau SEO (Search Engine Optimized) tidak begitu penting bagi blog yang kamu punya. kalau kamu punya pikiran sepeti itu, sekarang saatnya kamu untuk berpikir ulang.

Postingan dari blog kamu di media sosial memang bisa memberikan pengaruh, tapi kamu harus tahu bahwa umur postingan kamu misalnya yang kamu bagikan di twitter itu hanya kurang lebih 18 menit. Kalau kamu ingin postingan blog kamu hidup lebih lama atau bahkan selamanya, kamu harus memiliki rangking di mesin pencari seperti google, yahoo ataupun bing.

Inilah saatnya kamu belajar tentang SEO jika ingin blog kamu lebih dikenal oleh mesin pencari populer seperti google, yahoo dan juga bing.

Di postingan mengenai panduan dan tips SEO untuk para blogger kali ini saya akan tunjukan padamu bagaimana cara menggunakan keywords, mendapatkan pengunjung organic yang didapat dari mesin pencari dan memastikan semua postingan atau artikel di blog kamu sudah memenuhi kriteri search engine optimized.

Langkah Panduan dan Tips SEO Untuk Para Blogger

Install Plugin SEO

Memang memungkinkan jika kamu ingin membuat postingan blog tanpa harus menggunakan plugin, tapi sayangnya plugin SEO akan memberikan dampak yang positif pada postingan atau artikel yang kamu buat di blog.

untuk plugin SEO sendiri, saya merekomendasikan kamu untuk menginstall plugin Yoast SEO. plugin Yoast SEO ini gratis kok, artinya kamu gak perlu ngeluarin banyak uang untuk bisa menggunakan plugin ini. Dengan menggunakan plugin Yoast SEO ini, postingan atau artikel yang ada di blog kamu jadi lebih mudah dikenal oleh mesin pencari tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun.

Yoast SEO memungkinkan kamu untuk :

  1. Mengedit atau merubah meta deskripsi dan juga judul dari artikel di blog
  2. Memudahkan kamu membuat sitemap pada blog
  3. Memudahkan dan memberikan kamu nilai SEO pada artikel yang kamu tulis

Jika kamu baru dalam dunia blogging, mungkin kamu akan bingung mengenai fitur-fitur yang ada di Yoast SEO. Tapi kabar baiknya adalah kamu tidak harus mengerti semua itu, karena Yoast SEO akan melakukan semuanya untukmu dalam masalah Search Engine Optimized.

Untuk menginstall plugin Yoast SEO, kamu tinggal masuk ke menu Plugins pada dashboard wordpress lalu klik tombol Add New, pada textbox pencarian ketikan Yoast SEO, silahkan instal plugin tersebut dan lakukan aktifasi.

Tentukan Keyword yang Ingin Kamu Gunakan

Sebelum kamu memulai untuk menulis artikel di blog, pastikan kamu sudah memiliki keyword atau kata kunci yang ingin kamu gunakan pada artikel kamu. Ini menjadi hal yang sangat penting karena keyword yang kamu masukan di artikel yang kamu tulis menentukan pembaca bisa menemukanmu di mesin pencari.

Kamu bisa menggunakan fitur yang ada di Google Adwords atau SEMrush untuk mencari kata kunci yang tepa pada artikel yang ingin kamu buat, tapi sayangnya kedua layanan tersebut tidak gratis dan kamu harus mengeluarkan modal untuk bisa menggunakan fitur di Google Adwords atau SEMrush.

Cara gratisan yang bisa kamu coba untuk mendapatkan kata kunci yang tepat pada postingan yang ingin kamu buat adalah dengan melakukannya sendiri. Kamu bisa menggunakan mesin pencari untuk melakukan tes beberapa kata atau kata kunci di mesin pencari, nanti kamu akan menemukan relasi dari kata kunci yang kamu masukan yang sering ditampilkan oleh mesin pencari tersebut.

Maksimalkan Penggunaa Heading

Heading adalah seperti yang kamu bisa lihat pada contoh judul diatas, heading bukan hanya membuat tulisan kamu menjadi lebih mudah dibaca, tapi juga heading bisa memberitahukan mesin pencari tentang tulisan atau artikel yang kamu tulis.

Ada enam jenis headings yang bisa kamu pilih di wordpress. Dan merupakan ide yang bagus untuk menggunakan tipe atau jenis heading yang berbeda pada artikel yang kamu tulis. Biasanya para blogger menggunakan heading H2, h3 dan h4 pada artikel yang mereka tulis.

Heading 1 biasanya digunakan untuk judul dari artikel. Sebaiknya kamu jangan menggunakan heading 1 pada artikel yang kamu tulis, karena heading 1 ini biasanya digunakan untuk judul artikel.

Heading 2 merupakan sub-heading. Mesin pencari biasanya akan mencari kata kunci di dalam sub-heading untuk mendapatkan informasi mengenai tulisan yang sedang kamu tulis. Gunakan heading 2 ini sebagai heading utama untuk memisahkan antara area ide dari postingan yang kamu tulis dengan ide lainnya yang masih dalam satu postingan yang sama.

Untuk heading 3,4 dan 5 juga bisa disebut sebagai sub heading, tapi ketiga heading tersebut tidak sepenting heading 2. Gunakan heading ini untuk memisahkan konten tulisan kamu menjadi beberapa bagian jadi artikel kamu menjadi lebih mudah untuk dibaca oleh para pengunjung.

Update Meta Judul dan Deskripsi

Salah satu alasan saya sangat suka menggunakan plugin Yoast SEO adalah karena saya bisa merubah meta judul dan juga deskripsi dari tulisan atau artikel yang saya buat.

kalau kamu belum mengerti mengenai Meta Judul dan juga deskripsi, biar saya jelaskan sedikit ya.

Meta judul dan juga deskripsi adalah yang ditampilkan oleh mesin pencari saat artikel kamu muncul di mesin pencari. Secara default, biasanya mesin pencari akan mengambil judul dari postingan kamu dan juga beberap teks yang ada di paragraf pertama dari tulisan yang kamu tulis di blog.

Untuk beberapa kasus ini akan bekerja dengan sempurna. Tapi biasanya hasil yang ditampilkan oleh mesin pencari tidak sesuai dan tidak relevan dengan isi dari tulisan yang kamu tulis dan juga membuat tulisan kamu menjadi tidak SEO friendly, itulah mengapa saya selalu merubah Meta judul dan juga deskripsi dari setiap postingan yang saya tulis agar sesuai dengan kata kunci yang saya inginkan.

Maksimalkan Gambar Yang Kamu Gunakan

Kalau kamu suka menggunakan gambar atau foto didalam postingan kamu, pastikan foto atau gambar yang kamu gunakan itu memiliki nama, judul dan alt text yang sesuai dengan kata kunci yang kamu gunakan.

Mesin pencari seperti google tidak akan tahu foto atau gambar apa yang kamu masukan, jadi kamu harus memberikan nama, judul dan alt text yang sesuai dengan kata kunci agar mesin pencari menjadi lebih mudah mengenalinya.

Sebelum kamu mengupload gambar ke dalam wordpress, pastikan gambar yang kamu akan upload memiliki nama yang sesuai dengan kata kunci yang kamu gunakan. Menambahkan gambar atau foto dengan nama “IMG_23” tidak akan membantu nilai dari SEO kamu loh.

Setelah kamu mengupload gambar atau foto kedalam wordpress, kamu bisa merubah judul dan juga alt text dari gambar tersebut dan sesuaikan dengan kata kunci yang kamu gunakan pada artikel yang kamu buat.

Mungkin alt text biasanya tidak dianggap penting bagi sebagian orang yang baru memulai blogging, tapi kamu harus tahu bahwa memasukan kata kunci yang kamu gunakan kedalam gambar yang kamu upload akan memberikan nilai yang bagus pada SEO. Jadi deskripsikan gambar yang kamu upload ke wordpress agar memiliki kata kunci yang kamu gunakan pada postingan blog kamu.

Inilah akhir dari pembahasan kita mengenai panduan dan tips SEO untuk para Blogger, jika diantara kalian masih ada yang bingung. Kalian bisa kok menyampaikan pertanyaan melalui kolom komentar dibawah ini. Nanti akan saya coba bantu sesuai dengan keahlian saya ya. Sampai juga di tips blogging selanjutnya.

About Karina Karenina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *