Sunday , July 5 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Oppo Akan Buat Chipset Sendiri

Oppo Akan Buat Chipset Sendiri

foto : RM. Update News

Oppo Akan Buat Chipset Sendiri

lebakcyber.net – Oppo akan buat chipset sendiri. Perusahaan Oppo dikabarkan sedang melakukan proses kerjasama untuk mengembangkan chipset buatannya sendiri, perusahaan yang berasal dari Tiongkok tersebut akan menjadi sala satu vendor dari Smartphone yang akan memiliki chipset buatannya sendiri.

Sebelumnya perusahaan Xiaomi juga sempat untuk melakukan hal yang sama, namun sayangnya rencana pembuatan chipset Xiaomi tidak berjalan dengan baik.

Pada tahun lalu, dikabarkan Oppo sedang membuat sebuah prosesor mobile dengan nama Oppo M1. Namun alih-alih membuat prosesor seperti yang dilaporkan, ternyata pihak Oppo malah membuat sebuah chip yang mampu melakukan optimasi daya smartphone buatan Oppo.

Advertisements

Dikutip dari halaman GizmoCina, laporan tersebut memberikan informasi kalau asisten CEO Oppo akan membagikan catatan internal perusahaan tersebut kepada seluruh pegawainya. Catatan tersebut akan mengungkapkan sebuah proyek yang diberinama Mariana Plan yang merupakan sebuah proyek untuk membuat Chipset buatan sendiri.

Pihak Oppo sendiri sebenarnya sudah pernah mengatakan mengenai Marian Plan tersebut pada tahun lalu. Hal tersebut tertuang pada sebauh dokumen internal perusahaan tersebut. Dan kabarnya proyek itu juga mendapatkan dukungan dari Oppo TMC Technical Committee beberapa bulan yang lalu.

Advertisements

Chan Yen, orang yang sekarang ini memimpin Oppo di TMG Technical Cimmittee yang juga menjabat sebagai kepala departemen chip di perusahaan Oppo. Bukan itu saja, dirinya juga sempat menjabat sebagai Direktur Teknik di perusahaan Qualcomm yang membuat proses pembuatan Chip Oppo tersebut akan menjadi semakin menarik.

Proyek dari Mariana Plan ini sebenarnya tidak dilakukan oleh pihak Oppo sendiri. Karena mereka juga bekerja sama dengan perusahaan seperti OnePlus dan juga realme untuk bergabung dalam rencana tersebut.

Sepertinya hal tersebut dilakukan Oppo agar menetapkan fokus untuk dapat mengembangkan chipset buatannya. Apalagi Chen Yongming selaku CEO dari Oppo pernah mengatakan kalau perusahaan tersebut akan melakukan investasi dana sebesar CNY50 miliar untuk kepentingan research and development dalam waktu tiga tahun kedepan.

Sebagai informasi tambahan, sampai sekaran belum banyak vendor dari smartphone yang mengembangkan chipset buatannya sendiri. Kebanyakan para vendor tersebut menggantungkan sektor chipset pada pihak ketiga seperti Mediatek dan juga Qualcomm. Sekaran ini hanya Samsung dan juga Huawei yang sudah memiliki chipset buatannya sendiri pada kalangan vendor smartphone Android.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *