Tuesday , September 17 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Opera Hadirkan Browser Khusus Gaming

Opera Hadirkan Browser Khusus Gaming

foto : Opera.com

Opera Hadirkan Browser Khusus Gaming

lebakcyber.net – Opera hadirkan browser khusus gaming. Sejak kemarin malam, dunia perbrowseran dihebohkan dengan dirilisnya sebuah Browser yang dibuat khusus untuk gaming pertama di dunia. Opera merilis sebuah browser canggih dengan banyak fitur keren didalamnya yang diberi nama Opera GX.

Sementara Firefox dan Google Chrome masih menjadi browser paling populer di dunia, namun sebenarnya masih ada beberapa pilihan browser yang dapat digunakan, dua diantaranya adalah Opera dan juga Vivaldi. Browser Vivaldi menyediakan beberapa pilihan penyesuaian yang dapat dikatakan cukup “gila”, sementara Opera dilengkapi dengan banyak fitur eksklusif yang salah satunya adalah VPN Built In.

Dan sepertinya Opera Browser yang kita kenal dan memang terkenal sudah canggih tersebut memutuskan untuk memberikan browser yang sedikit lebih unik, karena mereka ingin secara khusus membuat sebuah browser yang dapat memudahkan seorang gamer untuk bernavigasi di internet.

Usaha mereka tersebut datang dengan hasil sebuah browser baru yang disebut dengan Opera GX yang hadir dengan berbagai fitur baru pertama di dunia yang dimaksudkan untuk mendorong pengalaman para gamer ketika bermain permainan online.

Opera GX juga hadir dengan beberapa fitur baru seperti efek suara yang terinspirasi dari video game. User Interface yang digunakannya juga didasarkan pada beberapa unsur yang gelap dan merah dalam konfigurasi default, namun pengguna dapat memilih dari total 10 warna lain yang sediakan atau mengatur tema kostum menggunakan extended color picker.

Salah satu fitur utama dari Opera GX ini adalah “GX Control Panel”, yaitu sebuah fitur untuk membatasi akses browser ke sumber daya komputer seperti RAM dan CPU. Fitur tersebut bertujuan agar browser tidak menggunakan banyak kapasitas RAM dan juga CPU saat digunakan. Sehingga begitu seorang gamer dapat menjalankan Operas GX bersamaan dengan Game Online atau aplikasi lainnya tanpa menyedot banyak sumber daya.

Maciej Kocemba, selaku Direktur Produk Opera GX mengatakan “Menjalankan game membutuhkan banyak sumber daya dari mesin Anda. Terlebih lagi kalau Anda melakuakn streaming saat bermain”.

Selain itu ada juga fitur lain yang disebut dengan GX Corner, GX Corner merupakan halaman terpisah yang terdiri dari Gaming News, penawaran dan juga informasi mengenai rilis baru sebuah Game. Halaman tersebut akan tersebut diupdate untuk menambah pengalaman dan informasi bagi pengguna yang berkaitan dengan permainan baru.

Walaupun hadir dengan banyak fitur baru, namun Opera tidak meninggalkan fitur kunci yang ada pada browser Opera seperti fitur Adblock dan juga Built In VPN masih tetap dipertahankan di Opera GX.

Untuk saat ini, Opera GX masih dalam tahap awal dan masih dalam versi Buil Preview pertamanya hanya tersedia untuk sistem operasi Windows saja, karena statusnya yang masih Build Preview, namun kemungkinan kedepannya akan ada beberapa fitur baru lagi yang akan dihadirkan berdasarkan umpan balik dari para pengguna.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *