Tuesday , September 29 2020
Home » The Lounge » News » NASA dan SpaceX Buat Sejarah Baru

NASA dan SpaceX Buat Sejarah Baru

foto : Internet

NASA dan SpaceX Buat Sejarah Baru

lebakcyber.net – NASA dan SpaceX buat sejarah baru. Bob Behnken dan Doug Hurley yang merupakan Astronout NASA akhirnya kembali ke Bumi dengan selamat. Crew Dragon SpaceX yang merupakan sebuah kapsul yang membawa kedua Astonout tersebut dapat mendarat dengan selamat di lepas Pantai Pensacola yang berada di Teluk Meksiko, Minggu (02/08/2020).

Hurley dan Behnken tiba di ISS pada akhir bulan Mei setelah menjalani peluncuran yang lancar. Jadwal kepulangan kedua Astronout tersebut ke bumi sebelumnya tidak memiliki kepastian akibat adanya badai besar di sepanjang pantai Florida.

Tapi pada akhirnya Crew Dragon berangkat dari ISS pada hari Sabtu (01/08/2020) pada pukul 16:35 PT. Ada tujuh lokasi yang memiliki potensi untuk melakukan pendaratan di Teluk Meksiko dan juga Samudra Atlantik yang menjadi pilihan pendaratan. Akhirnya lepas pantai Pensacola, Florida yang menjadi pilihan.

Advertisements

Pada jam 13:51 waktu setempat, kapsul yang membawa kedua astronot tersebut membuang ‘belalainya’ yang berisikan panas, energi dan juga sistem lainnya. Selang beberapa waktu setelah melontarkan pendorongnya untuk dapat melakukan manuver sendiri ke orbit dan juga lintasan yang tepat untuk melakukan pendaratan.

Pada jam 14:32, kapsul tersebut memasuki atmosfer dengan kecepatan 17.500 mph atau sektiar 28 ribu kph. Dengan kecepatan tersebut tentu saja menimbulkan pemanasan hebat yang mencapai 1.927 derajat celcius.

Advertisements

Setelah mencapai ketinggian yang sudah ditentukan, Crew Dragon mengeluarkan beberapa parasut agar dapat membantu memperlambat kecepatan sebelum akhirnya melakukan pendaratan di air.

Walaupun sempat diliputi kekhawatiran mengenai terjangan badai, namun untungnya cuaca bertahan dengan baik. Hal tersebut memberikan astronout kondisi air yang tenang untuk melakukan pendaratan.

Dan tepat pada jam 14:48 waktu setempat, akhirnya kapsul Crew Dragon dapat melakukan pendaratan dengan mulus di air. Kedatangan kedua astronot tersebut juga disambut oleh banyak kapal pribadi yang mengelilingi lokasi pendaratan untuk bisa melihat momen mendebarkan tersebut.

GO Navigator yang merupakan kapal pemulihan SpaceX langsung mendekat ke tempat lokasi untuk mengambil, kru, kapsul dan juga parasut. Para Astronot memberikan tanda jempol saat mereka dikeluarkan dari kapsul dengan tandu yang merupakan sebuah prosedur normal sebagai astronaut sedang menyesuaikan diri dengan gravitasi bumi.

Behnken yang pertama kali keluar dari kapsul tersebut mengucapkan rasa terima kasih sudah melakukan bagian yang paling sulit dan juga bagian terpenting dari luar angkasa manusia dengan membawa mereka kembali ke orbit dan membawa mereka pulang, dan juga Behnken mengucapkan banyak terima kasih atas kapal Endeavour yang baik.

Hurley akhirnya juga dikeluarkan beberapa saat kemudian juga mengatakan bagi siapa saja yang menyentuh Endeavour, mereka harus menghargai hari ini mengingat semua yang sudah terjadi ditahun ini.

Setelah berhasil dievakuasi, akhirnya Behnken dan Hurley melakukan perekaman medis sebelum dibawa ke daratan. Dua orang Astronaut NASA tersebut dijadwalkan akan melakukan penerbangan ke Houston pada hari Minggu (02/08/2020) agar dipersatukan lagi dengan keluarga mereka masing-masing.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

NASA Turun Tangan Untuk Basmi Corona

NASA Turun Tangan Untuk Basmi Corona

NASA Turun Tangan Untuk Basmi Corona lebakcyber.net – NASA turun tangan untuk basmi corona. NASA …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *