Thursday , October 1 2020
Home » The Lounge » News » NASA Berencana Bangun Markas di Bulan

NASA Berencana Bangun Markas di Bulan

foto : YouTube

NASA Berencana Bangun Markas di Bulan

lebakcyber.net – NASA berencana bangun markas di bulan. NASA sudah memiliki rencana untuk bisa mengirimkan manusia kembali ke bulan pada tahun 2024 nanti melalui misi yang diberinama Artemis.

Misi tersebut juga nantinya akan menjadi batu loncatan bagi NASA agar bisa membangun markas bagi para astronaut di bulan untuk bisa melakukan misi eksplorasi tambahan di bulan.

Dengan adanya kemungkinan untuk berada dalam jangka panjang di Bulan juga bisa lebih memudahkan bagi para astronaut yang ingin terbang ke bagian tata surya lainnya, misalnya seperti ke Planet Mars. Dan baru-baru ini NASA memberikan informasi mengenai rencana pembangunan markas mereka di Bulan.

Advertisements

Dikutip dari halaman Digital Trends, Senin (06/04/2020) berdasarkan laporan yang berjudul ‘NASA’s Plan for Sustained Lunar Exploration and Development’ menjelaskan ada tiga buah elemen infrastruktur utama yang nantinya akan dikembangkan NASA untuk bisa mendukung kehidupan astronaut di Bulan.

Elemen pertama adalah adanya kendaraan yang dinamakan Lunar Terrain Vehicle (LTV). Berbeda dengan rover yang biasa kita lihat, kendaraan LTV tersebut dapat dikendalikasi secara langsung oleh astronaut.

Advertisements

Kendaraan tersebut nantinya tidak akan memiliki area kendali yang tertutup, sehingga para astronaut harus menggunakan pakaian pelindung khusus extra-vehicular activity (EVA) agar dapat melakukan perjalanan dengan durasi yang pendek.

Elemen kedua adalah adanya platform habitat yang dapat bergerak. Platform tersebut nantinya akan berfungsi seperti rover namun memiliki ukuran yang jauh lebih besar.

Bentuknya yang tertutup dan juga memiliki tekanan udara meungkinkan habitat mobile ini dapat membawa astronaut melakukan perjalanan jauh dari tempat pendaratan wahana antariksa sampai 45 hari sekali jalan.

Dan elemen terakhir adalah adanya habitat yang lebih permanan di Bulan yang dinamakan Artemis Base Camp. Habitat tersebut nantinya akan dapat dihuni oleh empat astronaut sekaligus dan juga bisa digunakan sebagai markas mereka selama berada di Bulan.

Namun bagi asrtonaut yang tidak terlibat secara aktif pada misi di permukaan Bulan, mereka tetap harus bermarkas di stasiun luar angkasa Gateway yang mengorbit di Bulan.

Pihak NASA juga akan memanfaatkan Gateway tersebut yang dapat digunakan untuk melakukan beberapa simulasi perjalan ke planet Mars yang bisa diisi oleh empat orang kru sekaligus.

Simulasi tersebut rencananya akan berlangsung selama beberapa bulan dan mengikuti durasi perjalanan menuju Planet Mars. Selanjutnya setelah itu para kru pendaratan yang terdiri dari dua orang astronaut akan melakukan pendaratan di Bulan dan dua orang astronaut lainnya akan tetap tinggal di orbit Bulan.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

NASA Turun Tangan Untuk Basmi Corona

NASA Turun Tangan Untuk Basmi Corona

NASA Turun Tangan Untuk Basmi Corona lebakcyber.net – NASA turun tangan untuk basmi corona. NASA …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *