Wednesday , February 21 2024
Mozilla Perkenalkan Fitur MemoryCache

Mozilla Perkenalkan Fitur MemoryCache

Mozilla Perkenalkan Fitur MemoryCache

lebakcyber.net – Mozilla Perkenalkan Fitur MemoryCache. Baru-baru ini perusahaan browser Mozilla memperkenalkan Add-on terbaru yang mereka sebut MemoryCache Experimental. Add-on ini menghadirkan percakapan dengan AI Bot machine learning yang unik.

MemoryCache diklaim berbeda dari chatbot AI lainnya karena memungkinkan komunikasi yang dipersonalisasi dengan pengguna. Add-on ini menggunakan data penting khusus pengguna untuk menghasilkan respons terhadap pertanyaan.

Saat ini, kode proyek ini tersedia di bawah lisensi MPL, dan sampai berita ini dimuat hanya perusahaan Firefox yang akan mendukung Bot AI tersebut. Pengguna dapat mengaktifkannya secara manual yang dapat diakses pada halaman about:debugging dan harus mengkompilasi dengan patch khusus.

Advertisements

Menariknya, semua komponen MemoryCache beroperasi pada sistem pengguna dan tidak berinteraksi dengan sumber daya eksternal. MemoryCache menggunakan model GPT4All-J sebagai basis pengetahuan, yang dilatih dengan data dari English-language content Pile (825 GB), ShareGPT (13 MB), dan Dolly (660 MB).

Model ini sudah tersedia dalam versi dengan 3, 7, dan juga 13 miliar parameter. Toolkit privateGPT yang digunakan untuk bekerja dengan model tersebut, menjadi solusi optimal untuk menggunakan model bahasa besar di komputer lokal.

Add-on MemoryCache dapat ditunakan untuk menyimpan halaman yang dilihat di direktori “~/Downloads/MemoryCache“. Skrip tersebut nantinya akan dijalankan secara berkala yang akan  mengambil lalu mengirimnya ke (ingest.py) handler privateGPT agar bisa melengkapi model bahasa yang telah ada.

Advertisements

Dengan demikian, model tersebut dapat beradaptasi dengan minat pengguna dan digunakan untuk mendiskusikan konten yang dilihat dalam obrolan teks dengan bot.

Pengguna dapat mengajukan pertanyaan kepada bot tentang halaman yang disimpan dalam bahasa alami, seperti untuk mengklarifikasi suatu fakta. Bot akan menghasilkan respons menggunakan model lokal, bukan layanan eksternal.

Meskipun MemoryCache masih dalam pengembangan, AI bot ini menarik karena Mozilla tampaknya berusaha mempertahankan privasi pengguna dengan tidak menjadikannya sebagai layanan eksternal.

Apa pendapatmu? Silakan beri komentar di bawah untuk berbagi opinimu. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang MemoryCache, silhkan teman-teman kunjungi halaman resmi pengumuman yang dikeluarkan oleh Mozilla.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *