Monday , September 28 2020
Home » The Lounge » News » Modus Baru Penipuan WhatsApp

Modus Baru Penipuan WhatsApp

foto : The Hans India

Modus Baru Penipuan WhatsApp

lebakcyber.net – Modus baru penipuan WhatsApp. Para pelaku kejahatan di dunia cyber seperti tidak kehabisan cara agar dapat menjerat para korbannya. Sekarang ini dengan cara mengirimkan sebuah file audio pada aplikasi berbagi pesan WhatsApp dengan berkedok hadiadh lotere.

Harap waspada kalau kalian menerima pesan berisi file audio yang berasal dari nomor yang tidak dikenal, ataupun telepon WhatsApp dari orang asing yang mengaku merupakan perwakilan dari layanan pengguna WhatsApp sebaiknya abaikan saja pesan tersebut.

Modus penipuan tersebut sekarang ini sedang marak terjadi di India. Dimana penjahat cyber menggunakan sebuah rekaman suara yang memberikan informasi kepada korbannya bahwa mereka sudah memenangkan lotere dengan nilai Rs 25 lakh yang mengatasnamakan WhatsApp.

Advertisements

Agar dapat mengklaim hadiah lotere tersebut, korbannya harus menghubungi cabang State Bank of India (SBI) yang berada di mumbai. Lucunya lagi si penipu tersebut akan memaksa untuk memanggil seseorang yang disebutnya sebagai salah seorang manager cabang serta hanya dapat melalui WhatsApp.

Dikutip dari halaman TImes of India, rekaman file audio tersebut sudah dilengkapi dengan gambar yang menceritakan mengenai lotere secara random. Penipuan tersebut juga melibatkan beberapa orang, salah satunya adalah yang mengaku sebagai manajer cabang dari State Bank of India.

Advertisements

Setelah korban berhasil dibujuk dan menelepon pelaku penipuan, dirinya akan diminta untuk menyetorkan biaya pendaftaran dan juga pajak untuk jumlah lotere. Tentu saja kalau korbannya mengikuti perintah si penipu, uang yang disetorkan tersebut akan hilang.

Sebagai alternatif, si penipu juga akan mengarahkan korbannya agar menginstall sebuah aplikasi dimana nantinya aplikasi tersebut akan bertindak sebagai desktop jarak jauh yang bisa dimanfaatkan oleh si penipu untuk mencuri cookies, PIN, informasi lain milik korban dan juga password.

Jadi sebaiknya berhati-hati dengan modus penipuan yang menggunakan WhatsApp sebagai mendianya seperti contoh diatas.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Fitur Baru Yang Akan Hadir di WhatsApp

Fitur Baru Yang Akan Hadir di WhatsApp

Fitur Baru Yang Akan Hadir di WhatsApp lebakcyber.net – Fitur baru yang akan hadir di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *