Saturday , September 26 2020
Home » The Lounge » Sisi Gelap Internet » Mitos Mengenai Situs Dark Web

Mitos Mengenai Situs Dark Web

foto : MakeUseOf

Mitos Mengenai Situs Dark Web

lebakcyber.net – Mitos mengenai situs dark web. Pernah tidak kalian mendengar istilah mengenai dark web? Dari namanya saja sudah terkesan serem banget. Dark Web atau darknet merupakan bagian dari internet yang tidak dapat diakses oleh orang sembarangan. Agar bisa mengaksesnya, kalian membutuhkan sebuah software khusus yang dapat membuat kalian anonim dan tidak dapat dilacak saat masuk ke dark web.

Banyak orang yang beranggapan kalau deep web atau dark web merupakan satu hal yang sama. Tapi sebenarnya ada beberapa hal yang membuat keduanya berbeda. Sebagai informasi saja, kalau dark web berada di posisi lebih dalam jika dibandingkan dengan deep web. Dark web berada pada bagian situs deep web biasanya berhubungan dengan pasar ilegal dan aktivitias kriminal.

Dan teryata banyak kabar tidak benar yang beredar mengenai deep web dan dark web tersebut. Lalu apa sih yang sebenarnya ada didalam sana? Langsung saja kita simak penjelasannya berikut ini.

Advertisements

Bukan Orang Jahat Saja Yang Gunakan Dark Web

Para pengguna internet bukan hanya menggunakan dark web untuk mencari barang barang ilegal dan juga konten yang biasanya sangat mengganggu. Ada banyak kriminal yang ada disana, namun ada juga orang-orang yang berasal dari pemerintahan, advokat, jurnalis sampai perusahaan internet seperti DuckDuckGo, ProPublica dan juga Facebook.

Perlu diketahui kalau dark web memang lebih sering disalahgunakan. Hasil studi menunjukan kalau 80 persen dari pengguna dark web merupakan seorang pedofilia. Selain itu ada juga orang yang menggunakan dark web untuk melakukan penjualan barang ilegal, penjualan senjata, narkoba dan bahkan konten pembunuhan.

Advertisements

Kejahatan Siber Tidak Semua Terjadi di Dark Web

Kejahata siber tidak semuanya terjadi di dark web, karena hampir semua kejahatan siber biasanya terjadi di clearnet atau di web yang biasa kita gunakan sehari-hari. Memang sih didalam dark web banyak digunakan oleh para penjahat siber untuk kegiatan mengumpulkan dan saling bertukar informasi.

Hal tersebut karena didalam dark web terdapat sebuah forum underground hacking, layanan berbau ilegal, pasar ilegal dan sebagainya. Tapi bukan berarti semua kejahatan yang terjadi di internet itu terjadi di dark web.

Siapa Saja Dapat Mengakses Dark Web

Banyak orang yang memiliki anggapan kalau dark web itu tersembunyi, rahasia dan jauh dari keramaian internet yang biasa kita gunakan. Tapi sebenarnya siapa saja bisa masuk kedalam dark web dengan menggunakan aplikasi Tor Browser.

Tor Browser sendiri merupakan browser firefox yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa mendapatkan extension untuk keamanan dan privasi para penggunanya.

Mengakses Dark Web Adalah Tindakan Ilegal

Sebenarnya dark web bukanlah hal yang ilegal. Namun mereka yang mengaksesnya menggunakan sistem enkripsi yang kuat agar menagar agar layanan, situs dan juga data penggunanya tetap aman. Namun di beberapa negara, penggunaan sistem enkripsi yang memiliki kekuatan terlalu kuat dilarang. Misalnya saja di negara Tiongkok. Pemerintah Tiongkok melarang masyarakatnya menggunakan VPN ataupun Tor Browser.

Berbeda halnya dengan di negara seperti Amerika Serikat. Dimana masyarakatnya bebas mengakses dark web dan menganggap kalau kegiatan tersebut sama legalnya dengan mengakses clearnet atau internet yang biasa kita gunakan sehari-hari. Namun kegiatan yang dilakukan didalam deep web bisa menjadi ilegal. Misalnya membeli obat terlarang atau membeli senjata secara ilegal.

Di Dark Web Privasi Pengguna Tidak Benar-Benar Aman

Dark web memang memiliki ekstensi dan juga sistem enkripsi yang dapat meningkatkan privasi dari para penggunanya pada saat masuk kedalam dark web. Tapi hal tersebut bukan berarti kalian terlindungi sepenuhnya, karena didalam sana banyak sekali hacker yang berkeliaran dan mereka dapat dengan mudah mendapatkkan informasi mengenai siapa saja yang mengunjungi suatu situs.

Sebagai informasi tambahan, kalian juga dapat mengakses clearnet melalui Tor Browser. Enkripsi yang dimiliki Tor Browser tidak akan terbaca saat kalian berada pada website biasa. Jadi jejak kalian masih bisa terdeteksi.

Dark Web Bagian Internet Yang Paling Kecil

Kalau kalian beranggapan kalau dark web merupakan bagian internet yang paling kecil itu merupakan anggapan benar. Karena sebenarnya didalam dark web itu hanya ada sekitar 7 sampai 30 ribu situs yang ada didalam dark web.

Jumlah tersebut tentu saja sangat kecil kalau dibandingkan dengan jumlah situs di web yang biasa kita akses yang jumlahnya bisa mencapai lebih dari satu miliar. Bagian terbesar dari internet adalah deep web. Hal tersebut karena deep web terdiri dari website yang tidak bisa diakses secara publik.

Apa Kegunaan Dari Dark Web?

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan bahwa tidak semua website yang ada didalam dark web itu buruk atau jahat. Didalam dark web terdapat banyak intel yang bisa melacak para penjahat di dunia siber, dan para anggota kriminal dapat saling berkomunikasi dengan lebih aman tanpa harus takut ketahuan.

Dikutip dari halaman Wired, dark web sebenarnya muncul sebagai janji dari World Wide Web, dimana mereka ingin memastikan kalau setiap orang dapat melakukan kegiatan apapun, saling berdiskusi mengenai apa saja tanpa harus takut terkena sensor. Karena sekarang ini makin banyak negara yang melakukan sensor internet dan menyebabkan dark web semakin berkembang dan diminati.

Jadi bagaimana pendapat kalian mengenai hal tersebut? Apa kalian setuju kalau dark web dianggap sebagai bagian terburuk yang ada di internet? Silahkan tuliskan pendapat kalian pada bagian komentar agar kita dapat saling berdiskusi.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *