Tuesday , March 31 2020
Home » The Lounge » Sisi Gelap Internet » Microsoft Cekal Hacker Korea Utara

Microsoft Cekal Hacker Korea Utara

foto : internet

Microsoft Cekal Hacker Korea Utara

lebakcyber.net – Microsoft Cekal Hacker Korea Utara. Perusahaan Microsoft sudah memenangkan gugatan pengadilan yang memungkinkan mereka mengambil alih 50 domain website yang digunakan oleh kelompok hacker yang melakukan operasinya dari Korea Utara. Kelompok hacker itu sendiri menggunakan website-website tersebut untuk melakukan serangan siber.

Dikutip dari halaman detikINET dari CNBC, kelompok hacker ini bernama Thallium. Dan mereka melakukan serangan siber dengan mengelabui targetnya menggunakan teknik yang disebut dengan ‘Spear Phising’.

Thallium melakukan cara kerjanya dengan mengumupulkan informasi mengenai target melalui informasi yang tersedia secara publik dan juga yang ada di media sosial. Hacker tersebut selanjutnya membuat dan juga mengirimkan email penipuan yang sepertinya kredibel dan asli jika diperhatikan lebih jauh.

Advertisements

Email tersebut selanjutnya mengarahkan target kepada situs palsu yang mencuri informasi dari akun mereka. Dengan informasi hasil curian tersebut, hacker dapat mengakses email, melihat daftar kontak dan juga mengakses kalender yang dimiliki oleh target.

Para hacker Thallium ini biasanya menargetkan orang-orang tertentu misalnya pegawai pemerintah, staf universitas, kelompok tiink-tank dan juga individu yang bekerja pada sektor pengayaan nuklir. Sebagian besar dari orang-orang yang diincar tersebut biasanya berbasis di Amerika Serikat, Korea Selatan dan juga Jepang.

Advertisements

Para hacker yang mengatas namakan dirinya Thalium tersebut juga menggunakan perangkat lunak berbahaya untuk merusak sistem dan mencuri data sensitif. Pihak Microsoft mengatakan bahwa Thallium adalah sekelompok hacker keempat yang mereka gugat karena sudah mencoba merobohkan infrastruktur yang mereka gunakan untuk melakukan serangan siber.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *