Monday , May 20 2024

Metaverse Impian Zuckerberg Semakin Populer

Metaverse Impian Zuckerberg Semakin Populer

lebakcyber.net – Metaverse Impian Zuckerberg Semakin Populer. Mark Zuckerberg yang merupakan CEO dari Facebook semakin menumpukan masa depan Facebook ke Metaverse, bahkan dirinya sampai mengganti nama perusahaan menjadi Meta agar dapat mewujudkan dunia metaverse yang sekarang mulai membuahkan hasil.

Pada rapat internal perusahaan yang dilakukan pada pekan ini, Chief Production Office Meta, Chris Cox memberikan informasi mengenai pertumbuhan dari pengguna Horizon World yang merupakan platform Virtual Reality utama dari Meta yang dapat pengguna akses dengan menggunakan headset Oculus Quest.

Dikutip dari halaman The Verge (20-02-2022), Cox juga mengatakan kalau sejak Horizon Worlds dirilis bagi semua pengguna Oculus Quest di Amerika Serikat dan juga Kanada pada awal bulan Desember 2021, jumlah pengguna setiap bulannya meningkat sampai 10 kali menjadi 300 ribu orang.

Juru bicara dari Meta sendiri juga memberikan konfirmasi mengenai laporan tersebut serta mengatakan kalau jumlah tersebut mencakup pengguna Horizon Worlds dan juga Horizon Venues yang merupakan dua buah aplikasi terpisah untuk dapat mengikuti acara virtual.

Namun angka tersebut belum termasuk dari para pengguna Horizon Workrooms yang merupakan aplikasi Meta lainnya yang dapat digunakan untuk melakukan rapat secara virtual dengan menggunakan virtual reality.

Horizon Worlds sendiri merupakan sebuah proyek virtual reality Meta yang paling ambisius jika dibandingkan dengan virtual Meta lainnya. Proyek tersebut pertama kali dirilis pada tahun 2019 yang sebelumnya bernama Facebook Horizon dan untuk versi betanya sendiri dirilis tidak lama kemudian.

Platform tersebut sering disamakan dengan roblox dan juga Minecraft, karena para penggunanya bisa menjelajahi dunia virtual yang telah ada atau juga bisa membuat dunianya sendiri. Para pengguna bisa tampil sebagai avatar yang mereka pilih namun hanya dengan tubuh bagian atas saja.

Aplikasi tersebut dapat digunakan secara gratis namun hanya bisa diakses dengan menggukana headset Oculus Quest. Meta sendiri sebelumnya mengatakan kalau sekarang ini telah ada 10 ribu dunia yang telah dibangun di dunia meta Horizon Worlds serta grup Facebook bagi para kreatornya telah memiliki lebih dari 20 ribu anggota.

Walaupun Horizon Worlds hanya baru berusia beberapa bulan saja, sepertinya masih terlalu awal untuk melihat apakah pertumbuh pesat yang sekarang sedang dialami platform ini akan terus berlanjut atau apakah pihak Facebook mampu membuat para penggunanya bertahan agar terus menggunakan platform tersebut.

Selain itu, Meta sendiri masih harus menghadapi beberapa masalah teknis mengenai dunia virtual yang mereka buat. Seperti misalnya kasus pelecehan yang sudah banyak dilaporkan serta masalah teknis pada saat konser virtual Foo Fighters di Horizon Venues.

Tapi sepertinya bisa dikatakan kalau pertumbuhannya terbilang cukup solid, apalagi platform ini hanya dapat diakses dengan menggunakan Oculust Quest dengan versi terbaru yaitu Oculus Quest 2 yang dijual dengan harga USD 299.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *