Wednesday , October 16 2019
Home / The Lounge / Sisi Gelap Internet / Mesin Pencari Yang Lebih Canggih Dari Google Bagian 1

Mesin Pencari Yang Lebih Canggih Dari Google Bagian 1

foto : thehackernew.com

Mesin Pencari Yang Lebih Canggih Dari Google Bagian 1

lebakcyber.net – Saat ini tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing sangat memudahkan kita dalam melakukan pencarian di internet. Ketiga mesin pencari tersebut memang terkenal sangat canggih karena dapat menemukan apa saja yang kita cari di internet, tapi tahukah kamu ternyata ada mesin pencari yang lebih canggih dari google, yahoo dan bing?

Pentagon, melalui Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) saat ini telah mengembangkan sebuah mesin pencari yang lebih canggih dari google bernama Memex (Memory and Index). Mesin pencari ini dikabarkan bisa mencari informasi lebih dalam yang tidak bisa terlacak oleh mesin pencaro konvensional seperti Google.

Chris White selaku Program Manager DARPA mengatakan “Kami membayangkan sebuah paradigma baru dalam proses pencarian di internet yang akan menyesuaikan konten, hasil pencarian, dan tampilan antarmuka untuk pengguna individu dan pengguna yang berkecimpung dalam bidang studi”.

Advertisements

Tujuan Dibuatnya Mesin Pencari Memex

Tujuan dibuatnya Memex adalah untuk mengeksplorasi area yang belum tereksplorasi di internet, seperti misalnya database informasi yang tidak terindeks oleh Google dan bagian terdalam internet (Deep Web) dimana banyak kegiatan illegal didalamnya seperti penjualan manusia, seks dan narkoba.

Saat ini mesin pencari Memex masih dalam tahap pengembangan dan sedang difokuskan untuk memerangi perdagangan manusia. Nanti kedepannya diharapkan mesin pencari Memex ini bisa digunakan untuk menelusuri kegiatan illegal lainnya seperti penjualan obat-obatan terlarang dan juga terorisme.

Advertisements

Menurut DARPA kegiatan penjualan manusia sangat bergantung pada internet untuk menarik para pelanggannya. Aktivitas tersebut biasanya memanfaatkan layanan forum, chat, informasi lowongan pekerjaan dan layanan tersembunyi lainnya.

Dilansir dari halaman hacked.com, sebelum adanya Memex para penegak hukum harus mencari daftar yang dibuat oleh para pedagang seks, membuat daftar dari URL yang dianggap mencurigakan lalu kemudian menganalisanya untuk bisa mendeteksi pola yang mengarah pada jaringan perdagangan tersebut.

Dengan menggunakan mesin pencari Memex, para penegak hukum bisa melakukan analisa pada jaringan ini dengan menggunakan tampilan visual yang menunjukan keterkaitan antar halaman web.

Kabarnya mesin pencari Memex ini sudah diuji coba oleh beberapa kalangan seperti aparat di New York City untuk mengungkap beberapa kasus penjualan manusia, terorisme dan juga prostitusi online.

Hasil Pencarian Memex

Hasil pencarian Memex berbeda dengan hasil pencarian dari Google, Yahoo ataupun Bing, dimana ketiga mesin pencari konvensional tersebut didasarkan pada iklan dan ditampilkan secara linear berdasarkan algoritma mesin pencarinya. Mesin pencari Memex bisa mendapatkan informasi yang sulit ditemukan oleh ketiga mesin pencari konvensional tersebut. Dengan kata lain, informasi yang selama ini masih tersembunyi jadi bisa ditelusuri.

Hasil pencari dari mesin pencari Memex akan ditampilkan dalam bentuk infografis canggih yang menunjukan peta hubungan antara data dan informasi berdasarkan pencarian yang dilakukan.

Bukan hanya bisa digunakan untuk mendeteksi kejahatan, mesin pencari Memex juga bisa digunakan untuk kepentingan bisnis. Misalnya para analis saham mungkin dapat menggunakan Memex untuk mencari informasi mengenai saham didalam halaman web yang tersembunyi.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *