Wednesday , September 30 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Merek SmartWatch Terbesar di Dunia

Merek SmartWatch Terbesar di Dunia

foto : wareable

Merek SmartWatch Terbesar di Dunia

lebakcyber.net – Merek smartwatch terbesar di dunia. Belum lama ini, firma riset IDC melaporkan Apple menjadi salah satu merek yang mengalami penurunan dalam jumlah pengkapalan dari tahun ke tahun dari bisnis smartphonenya.

Kalau dibandingkan dengan tahun lalu di kuartal yang sama, penurunan pengkapalan smartphone Apple di kuartal pertama tahun 2019 ini dicatat di angka 30,2 persen dan memposisikan Apple tepat dibawah Samsung dan Huawei.

Walaupun begitu, di bisnis smartwatch atau arloji pintar, perusahaan Apple justru mendominasi pasar tersebut.

Advertisements

Berdasarkan laporan dari firma riset Counterpoint, pada kuartal pertama tahun 2019, jumlah pengkapalan smartwatch dari Apple ditaksir meningkat sampai 49 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Counterpoint tidak mengumbar berapa jumlah pasti unit smartwatch yang dikapalkan oleh Apple pada kuartal pertama di tahun 2019 ini.

Advertisements

Namun, menurut Counterpoint, perkembangan tersebut membuat pangsa pasar Apple pada bisnis smartwatch meningkat ke angka 35,8 persen di kuartal pertama 2019 dan tetap mendominasi bisnis smartwatch.

Merek SmartWatch Terbesar di Dunia
foto : Counterpoint

Sebelumnya, pada periode yang sama pada tahun 2018, pangsa pasar Apple di bisnis smartwatch ini dicatat berada di angka 35,5%.

Untuk besaran pangsa pasar kuartal pertama tahun 2019, dibawah Apple, seperti tampak pada gambar diatas, ada Samsung dengan pangsa pasar sebesar 11,1% dan diikuti dengan imoo dan juga Fitbit yang masing-masing memiliki pangsa pasar sebesar 9,2% dan 5,5%.

Berdasarkan laporan yang diberikan oleh Counterpoint, hal yang membuat pertumbuhan smartwatch Apple meningkat adalah fitur-fitur kesehatan yang ada pada smartwach Apple.

Satyajit Sinha, selaku analis dari Counterpoint mengatakan “Apple terus fokus pada fitur-fitur yang berkaitan dengan kesehatan, seperti misalnya ECG dan juga fitur untuk pendeteksian jatuh dari Apple Watch Series 4”.

Sebagai informasi tambahan, Apple Watch seri terbaru (Series 4) merupakan arloji pintar pertama di dunia yang dibekali dengan fitur pendeteksi jatuh dan pemanggilan darurat dan juga fitur Electrocardiogram (ECG).

Fitur ECG tersebut sendiri dapat dimanfaatkan untuk mengetahui kondisi dari jantung seseorang yang biasanya hanya dapat dilakukan di rumah sakit.

Fitur ECG tersebut menurut Counterpoint bisa jadi latar belakang mengapa pangsa pasar Apple pada pasar bisnis arloji pintar meroket.

Dikutip dari halaman Counterpoint, Satyajit mengatakan “kemampuan ECG di Apple Watch merupakan fitur yang paling dicari berdasarkan surveri yang kami lakukan”.

Lalu bagaimana besaran pangsa pasar para vendor smartwatch secara global? Untuk selengkapnya, berikut 8 merek smartwatch disertai dengan taksiran pangsa pasarnya di kuartal pertama tahun 2019 ini.

  • Apple (35,8 persen)
  • Samsung (11,1 persen)
  • Imoo (9,2 persen)
  • Fitbit (5,5 persen)
  • Amazfit (3,7 persen)
  • Huawei (2,8 persen)
  • Fossil Group (2,5 persen)
  • Garmin (1,5 persen)

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *