Saturday , March 28 2020
Home » The Lounge » Tips dan Trik » Menjadikan Android Sebagai Monitor Komputer

Menjadikan Android Sebagai Monitor Komputer

Menjadikan Android Sebagai Monitor Komputer

lebakcyber.net – Menjadikan Android sebagai monitor komputer. Kalian mungkin sudah sering melihat teman kalian menggunakan monitor dengan dua monitor sekaligus. Yup, bagi kalian yang menggunakan sistem operasi Windows memang dapat menggunakan monitor lebih dari satu.

Kalau kalian ingin merasakan pengalaman dengan menggunakan desktop yang lebih luas namun tidak memiliki monitor tambahan, kenapa tidak manfaatkan saja smartphone ataupun tab yang kalian miliki sebagai monitor tambahannya.

Dengan menjadikan perangkat Android ataupun iOS yang kalian miliki sebagai monitor ke komputer kamu, tentunya dapat membuat kalian mengerjakan beberapa hal sekaligus. Dan berikut ini adalah bagaimana cara menjadikan Android sebagai monitor komputer tambahan.

Advertisements

Download Aplikasi Spacedesk

Agar perangkat Android atau iOS yang kalian miliki dapat digunakan sebagai monitor tambahan di komputer yang kalian miliki, kalian dapat menggunakan aplikasi yang bernama Spacedesk. Sebelumnya kalian harus menginstall terlebih dahulu aplikasi Spacedesk ini di smartphone dan juga komputer kalian.

Kalian dapat mendownload aplikasi Spacedesk untuk Android melalui link https://play.google.com/store/apps/details?id=ph.spacedesk.beta dan untuk aplikasi di komputernya kalian dapat mendownload di https://spacedesk.net/

Advertisements

Langkah Menjadikan Android Sebagai Monitor

  • Agar dapat menghubungkan smartphone ataupun tablet menjadi monitor PC tambahan, kalian harus mengandalkan koneksi WiFi. Jadi langkah pertama adalah memastikan bahwa kedua perangkat tersebut sudah terhubung di jaringan WiFi yang sama.
  • Buka aplikasi Spacedesk untuk PC yang sebelumnya sudah di download melalui link yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  • Selanjutnya buka aplikasi Spacedesk di Android kalian, lalu masukan alamat IP dari komputer kalian yang akan dihubungkan dengan smartphone Android.
Menjadikan Android Sebagai Monitor Komputer
foto : Spacedesk
  • Untuk mengetahui alamat IP dari komputer kalian caranya buka CMD lalu ketikan ipconfig, nanti akan muncul alamat ip dari komputer kalian. Masukan alamat ip komputer kalian tersebut ke aplikasi Spacedesk yang ada di Android.
  • Buka aplikasi Spacedesk di PC, nanti tampilannya akan tampil seperti pada gambar dibawah ini, lalu klik tombol Connection dan pilih ON seperti pada gambar dibawah ini :
Menjadikan Android Sebagai Monitor Komputer
foto : Spacedesk

Sekarang kalian sudah berhasil menjadikan smartphone, tablet ataupun iPad kalian menjadi monitor kedua di komputer atau laptop yang kalian miliki.

Selanjutnya masuk ke menu Display Setting pada komputer untuk melakukan pengaturan dimana ada beberapa pilihan yang dapat kalian sesuaikan dengan kebutuhan kalian, misalnya :

  • Show Desktop 1 Only: Desktop hanya akan menampilkan monitor 1, jadi monitor 2 tidak digunakan.
  • Show Desktop 2 Only: Desktop hanya akan menampilkan monitor 2, jadi monitor 1 tidak digunakan.
  • Duplicate these display: Dimana pilihan ini akan menampilkan desktop yang sama, jadi yang ada di monitor 1, monitor 2 juga akan menampilkan tampilan yang sama dengan desktop 2.
  • Extend these display: pilihan ini akan membagi desktop kedalam 2 monitor, jadi kita bisa bekerja sambil melihat film atau youtube tanpa mengganggu tampilan pada layar pertama.

Jadi itulah bagaimana cara menjadikan Android sebagai monitor komputer. Semoga tutorial sederhana ini dapat bermanfaat dan menjadi solusi bagi kalian yang ingin menggunakan dua monitor pada saat bekerja namun tidak memiliki monitor tambahan. Sampai jumpa pada tips and trik selanjutnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *