Tuesday , May 17 2022
Menghemat Internet Data WhatsApp
Menghemat Internet Data WhatsApp

Menghemat Internet Data WhatsApp

Menghemat Internet Data WhatsApp

lebakcyber.net – Menghemat Internet Data WhatsApp. WhatsApp sekarang ini menjadi media untuk berkomunikasi yang paling diandalkan oleh banyak penggunanya. Kebutuhan untuk bisa berbagi pesan, video, gambar sampai telepon dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan WhatsApp.

Namun pengguna aktif WhatsApp yang menggunakan aplikasi tersebut setiap harinya membutuhkkan kuota internet yang sangat banyak agar dapat mengakomodasi berbagai pesan yang masuk dan juga panggilan setiap harinya.

Nah berikut ini akan kami bagikan tips dan trik cara menghemat internet data yang digunakan oleh aplikasi WhatsApp tersebut sehingga Anda dapat menggunakan WhatsApp tanpa perlu khawatir boros kuota, berikut ini caranya.

Advertisements

Matikan Background Data

Tanpa kita sadari kalau kuota internet akan terus terpakai walaupun tidak sedang digunakan WhatsApp karena aplikasi tersebut masih berjalan pada background.

Agar bisa menghemat kuota, Anda dapat mematikan background datanya namun pesan apapun yang dikiim ke Anda tidak akan masuk selama Anda belum membuka aplikasi WhatsApp.

Aplikasi WhatsApp akan tetap berjalan dan juga menerima pesan yang masuk saat Anda kembali membuka aplikasinya. Dan berikut adalah cara untuk mematikan background data di WhatsApp

  • Masukan ke pengaturan di ponsel Anda
  • Pilih menu Aplikasi
  • Silahkan Anda cari Aplikasi WhatsApp
  • Setelah ketemu pilih WhatsApp lalu pilih opsi Data Seluler
  • Selanjutnya silahkan Anda matikan pilihan izinkan penggunaan data latar belakang.

Matikan Download Media Otomatis

Mengirim ataupun menerima berbagai file media seperti video dan juga foto bisa memakan kuota internet yang sangat besar dan membuat aplikasi tersebut menjadi boros.

Advertisements

Dengan mematikan fitur download media secara otomatis file video atau foto pada aplikasi WhatsApp, kuota internet Anda tidak akan termakan begitu banyak karena Anda bisa memilih video ataupun foto mana yang ingin Anda download dan lihat.

Selain untuk menghemat internet, cara tersebut juga bisa mencegah kapasitas dari memori telpon Anda tidak cepat penuh.

Dan berikut ini adalah cara untuk mematikan Download Media secara Otomatis di WhatsApp :

  • Masuk ke menu Settings yang ada pada aplikasi WhatsApp.
  • Pilih menu Penyimpanan dan Data atau Storage and Data Usage.
  • Hilangkan semua piihan pada tiga opsi yang ada, yaitu Saat menggunakan data seluler, Saat terhubung ke WiFi dan juga When Roaming atau saat Roaming.
  • Selanjutnya pilih OK. Kalau sudah berhasil nanti akan tampil keterangan ‘No Media’ pada ketiga pilihan tersebut.
  • Anda masih tetap dapat melakukan Download video ataupun foto yang dikirim walau sudah menonaktifkan fitur auto download tersebut, tapi Anda harus melakukannya secara manual.

Aktifkan Fitur Less Data Pada Panggilan WhatsApp

Saat melakukan panggilan telepon ataupun video, aplikasi WhatsApp memerlukan kuota internet yang cukup banyak.

Namun Anda tidak perlu khawatir mengenai kuota yang boros, karena Anda masih tetap bisa menelepon ataupun memanggil panggilan video call dengan menggunakan WhatsApp dengan cara mengaktifkan fitur less data for calls.

Dan berikut ini adalah langkah untuk mengaktifkan fitur Less Data for Calls :

  • Buka aplikasi WhatsApp, lalu masuk ke menu dengan cara mengklik tiga titik vertikal yang berada di pojok kanan atas aplikasi.
  • Masuk ke menu Setelan lalu pilih menu Storage and Data.
  • Selanjutnya pilih toogle ‘Use less data for calls’ untuk mulai mengaktifkan fitur tersebut.
  • Kalau toogle tersebut sudah aktif, maka panggilan telepon ataupun video call dengan menggunakan WhatsApp akan menggunakan data yang lebih sedikit dibandingkan sebelum fitur tersebut diaktifkan.

Jadi itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan agar bisa menghemat data internet pada saat menggunakan aplikasi WhatsAppp, selamat mencoba.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: