Sunday , September 24 2017
Home / Excel / Menggunakan Rumus Di Microsoft Excel 2016

Menggunakan Rumus Di Microsoft Excel 2016

Menggunakan Rumus Di Microsoft Excel 2016

Lebakcyber.net – pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang menggunakan rumus di microsoft excel. Ada beberapa rumus yang bisa digunakan di excel, misalnya perkalian, pengurangan, penambahan, pembagian dan sebagainya.

Rumus Perkalian Di Microsoft Excel

Buat dulu sebuah tabel di worksheet excel seperti pada gambar berikut ini :

Menggunakan Rumus Di Microsoft Excel 2016

Untuk mendapatkan nilai total dari jumlah barang dikalikan dengan harga, maka tempatkan Cell pada alamat D2, lalu masukan rumus =B2*C2 lalu tekan tombol enter, hasilnya seperti pada gambar berikut ini :

Menggunakan Rumus Di Microsoft Excel 2016

Dari rumus perkalian antara cell B2 dengan C2 maka kita bisa mendapatkan hasil yang ditampilkan pada cell D2. Pada excel untuk memasukan suatu rumus harus selalu diawali dengan sama dengan (=) dan untuk perkalian menggunakan karakter bintang (*) seperti contoh yang ada pada formula bar pada gambar diatas.

Karena pada contoh diatas kita memiliki 10 data, agar lebih cepat mengetahui hasil dari perkalian dari masing masing data, kita bisa memanfaatkan fitur fill handle dengan cara menarik kebawah kotak kecil yang ada pada cell D2, contohnya seperti pada gambar berikut ini :

Menggunakan Rumus Di Microsoft Excel 2016

 

Rumus Pejumlahan Dan Pengurangan Di Microsoft Excel

Selanjutnya kita akan membahas mengenai penggunaan rumus pejumlahan dan pengurangan di Microsoft Excel, buat sebuah tabel baru seperti pada gambar berikut :

Menggunakan Rumus Di Microsoft Excel 2016

Untuk melakukan penambahan jumlah barang yang ada di cell B2 dengan C2 maka digunakan perintah =B2+C2. Sedangkan untuk melakukan pengurangan digunakan rumus =B2-C2. Contohnya seperti pada gambar dibawah ini :

Menggunakan Rumus Di Microsoft Excel 2016

Jadi untuk menggunakan rumus penambahan digunakan tanda Plus (+) sedangkan untuk menggunakan rumus pengurangan digunakan tanda minus (-) seperti pada contoh diatas.

Seperti itulah bagaimana cara menggunakan rumus di Microsoft Excel 2016. Semoga tutorial sederhana ini dapat membantu kalian yang sedang belajar dasar dasar di Microsoft Excel khususnya Microsoft Excel 2016.

Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial belajar Microsoft Excel dan tutorial mengenai dunia komputer lainnya. Sampai jumpa di tutorial Microsoft Excel selanjutnya.

 

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *