Monday , July 22 2024

Mengenal Sistem Operasi HarmonyOS

Mengenal Sistem Operasi HarmonyOS

Mengenal Sistem Operasi HarmonyOS

lebakcyber.net – Mengenal Sistem Operasi HarmonyOS. Sampai sekarang pada dunia gadget masih dimonopoli oleh sistem operasi Android dan juga iOS. Banyak perusahaan teknologi besar lainnya yang harus tumbang karena tidak bisa bersaing dengan kedua sistem operasi tersebut.

Yang menarik adalah, ditengah persaingan antara sistem operasi Android dan iOS tersebut, muncul sistem operasi baru yang dengan sangat percaya diri siap bersaing dengan kedua sistem operasi tersebut. Sistem operasi pendatang baru itu bernama HarmonyOS, yang merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi raksasa asal China.

Berkenalan Dengan HarmonyOS

HarmonyOS merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Huawei yang telah digunakan pada berbagai perangkat yang diproduksi oleh perusahaan tersebut, mulai dari smartphone, laptop, tablet sampai beberapa perangkat pintar lainnya seperti televisi pintar, smartwatch dan juga peralatan rumah tangga pintar.

Salah satu keunggulan dari sistem operasi HarmonyOS adalah kemampuannya untuk beroperasi secara serba guna pada berbagai perangkat yang memiliki arsitektur berbeda, termasuk pada perangkat berbasiskan Android dan juga pada perangkat berbasis Linux.

Dengan begitu para penggunanya bisa tetap terhubung dengan perangkat lainnya secara lebih efisien dan juga bisa mendapatkan pengalaman yang menarik pada seluruh ekosistem yang telah menggunakan sistem operasi HarmonyOS.

Kelebihan Dari Sistem Operasi HarmonyOS

HaromyOS berani bersaing dengan para kompetitornya, artinya sistem operasi tersebut memiliki beberapa kelebihan yang bisa menarik perhatian dari para penggunaya. Dan berikut ini adalah beberapa keunggulan dari HarmonyOS.

  • HarmonyOS sangat mudah untuk dioperasikan karena memiliki user interface atau tampilan yang tidak jauh berbeda dengan user interface milik Android dan juga iOS, jadi pengguna tidak akan kesulitan pada saat menggunakan gadget yang menggunakan HarmonyOS sebagai sistem operasinya.
  • HarmonyOS memiliki fitu Multi-Platform yang memungkinkan pengguna bisa selalu terhubung pada setiap perangkat yang teman-teman miliki. Mulai dari smartphone, smart watch, smart tv, laptop ataupun perangkat elektronik pintar lainnya.
  • HarmonyOS pastinya memberikan pengalaman yang berbeda untuk teman-teman yang sudah terbiasa menggunakan sistem operasi Android ataupun iOS. Kalau teman-teman yang sudah bosan menggunakan sistem operasi Android ataupun iOS, mungkin HarmonyOS bisa menjadi pilihan baru.

Kekurangan Dari Sistem Operasi HarmonyOS

Walaupun memiliki beberapa kelebihan, pastinya HarmonyOS tidak lepas dari kekurangan yang ada. Untuk sekarang ini ada beberapa kekurangan yang paling terasa saat menggunakan HarmonyOS, contohnya seperti berikut ini :

  • Masih barunya sistem operasi ini membuat AppGalery yang merupakan toko aplikasi dari HarmonyOS masih belum memiliki aplikasi sebanyak AppStore ataupun PlayStore.
  • Kalau teman-teman tidak menemukan layanan dari Google seperti Gmail, Google Maps, YouTube, PlayStore dan lainnya. Hal inilah yang harus menjadi bahan pertimbangan yang mendalam pada saat menggunakan sistem operasi HarmonyOS. Namun teman-teman masih bisa menggunakan layanan-layanan tersebut dengan menggunakan beberapa trik sederhana.
  • Seperti sistem operasi iOS yang digunakan oleh iPhone, sistem operasi HarmonyOS juga hanya tersedia untuk gadget yang dibuat oleh Huawei saja. Namun sayangnya, hampir semua smartphone yang dibuat oleh Huawei dibuat untuk kalangan menengah ketas saja.

Sebagai pendatang baru, sistem operasi HarmonyOS sudah dapat dikatakan cukup sukses dan membuktikan kualitasnya tidak sembarangan. Sebagai informasi tambahan kalau ada satu hal menarik yang dapat kita ambil contoh dari lahirnya sistem operasi HarmonyOS.

Sistem operasi HarmonyOS ini tercipta akibat adanya larangan dari pemerintah Amerika Serikat terhadap Huawei untuk menggunakan layanan yang diberikan oleh Google. Namun Huawei tidak tinggal diam dan akhirnya memutuskan untuk mengembangkan sistem operasi yang mereka buat sendiri.

Pastinya sistem operasi HarmonyOS ini menghadapi tantangan yang sangat besar agar dapat bersaing di pasar sistem operasi. Apalagi lawan yang harus mereka hadapi adalah Android dan iOS yang sudah sangat menguasai pasar sistem operasi smartphone di dunia.

 

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *