Friday , August 23 2019
Home / The Lounge / Sisi Gelap Internet / Mengenal Lebih Jauh Tentang Hacker

Mengenal Lebih Jauh Tentang Hacker

foto : internet

Mengenal Lebih Jauh Tentang Hacker

lebakcyber.net – Mengenal lebih jauh tentang hacker. Cybercrime atau kejahatan di dunia maya memang cukup sulit untuk dihindari, para pelakunya juga sulit untuk diidentifikasi.

Dari begitu banyaknya kasus cybercrime yang terjadi, kasus hacking merupakan salah satu yang paling sering didengar. Nah hacking sendiri biasanya dilakukan oleh para hacker dengan menggunakan berbagai macam metode.

Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai orang dibalik kasus hacking, yaitu para hacker yang sering terlibat dalam kasus cybercrime.

Mengenal Istilah Hacker

Berdasarkan Wikipedia, peretas atau hacker adalah seseorang yang menganalisis, mempelajari, memodifikasi dan juga menerobos masuk kedalam komputer dan juga jaringan internet, baik itu untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan bagi dirinya sendiri.

Dapat dikatakan hacker adalah orang yang memiliki kemampuan didalam bidang komputer dan jaringan komputer yang mencari celah didalam suatu program.

Kalau hacker tersebut menemukan sebuah celah yang ada didalam suatu program, lalu selanjutnya apa yang dia lakukan?

Semua itu tergantung dari jenis hacker itu sendiri, karena ternyata hacker terbagi menjadi beberapa jenis, dan jenis-jenis hacker tersebut akan kita bahas dibawah ini.

Jenis-Jenis Hacker

1. White Hat Hacker

White Hat Hacker adalah jenis hacker baik. Mereka sangat memegang teguh standar etika “Akses ke sistem komputer bukan bertujuan untuk merugikan, namun untuk menguji ketahanan sistem tersebut”.

Jadi dapat dikatakan hacker jenis white hat ini senang mempelajari suatu sistem dan saat mereka menemukan ada celah yang dapat diterobos mereka akan langsung melaporkannya kepada pengembang program tersebut.

Bukan hanya melaporkan adanya celah didalam suatu program, para white hat hacker ini juga tidak segan untuk membantu pengembang program tersebut untuk menutup celah yang ditemukan oleh White Hat Hacker tadi.

2. Black Hat Hacker

Berbeda dengan hacker jenis White Hat, hacker Black Hat ini merupakan tokoh jahat didalam dunia hacker ataupun cybercrime.

Para black hat hacker biasanya menerobos sistem komputer tanpa seizin dari pemilik sistem tersebut dan melakukan kerusakan seperti menghapus file, melakukan pencurian data pribadi serta melakukan berbagai aktivitas merugikan lainnya.

Mungkin kamu juga pernah mendengan istilah Cracker di dunia cybercrime, lalu apa perbedaan antara hacker dan cybercrime tersebut? Cracker disini lebih mengarah kepada Black Hat Hacker dibandingkan dengan White Hat Hacker.

Dengan kata lain Black Hat Hacker juga dapat disebut sebagai Cracker daripada hacker, karena sifatnya yang merusak dan juga merugikan orang lain.

3. Grey Hat Hacker

Hacker dengan jenis Grey Hat ini berada diantara White Hat dan juga Black Hat Hacker. Karena biasanya para Grey Hat Hacker ini terkadang mengikuti standar etika namun terkadang juga melanggar hukum dan menjadi Black Hat Hacker.

4. Script Kiddie

Script Kiddie adalah jenis hacker yang tidak mahir dalam sistem komputer namun dirinya mampu menerobos sistem komputer menggunakan software atau tools yang dibuat oleh orang lain.

Kalau kamu pernah melihat film action bertemakan hacker dengan judul “Who Am I” pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya script kiddie bukan.

5. Hacktivist Hacker

Hacktivist Hacker adalah hacker dengan jenis yang menggunakan kemampuannya untuk menyebarkan pesan-pesan tertentu seperti politik, agama, ideologi dan lain sebagainya. Mereka biasanya meretas sebuah website dan melakukan deface pada website tersebut untuk menampilkan pesan mereka di website korbannya.

Jadi itulah beberapa jenis hacker yang sering terlibat dalam aksi cybercrime di dunia maya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *