Sunday , September 19 2021
Home » Linux » Mengatasi Waktu Yang Salah di Dual Boot Linux dan Windows

Mengatasi Waktu Yang Salah di Dual Boot Linux dan Windows

image : root command

Mengatasi Waktu Yang Salah di Dual Boot Linux dan Windows

lebakcyber.net – Mengatasi waktu yang salah di dual boot Linux dan Windows. Kalau teman-teman menggunakan dua sistem operasi Linux dan juga Windows di satu komputer atau laptop, mungkin teman-teman menyadari adanya perbedaan waktu diantara dua sistem operasi tersebut.

Misalnya saat teman-teman menggunakan sistem operasi Linux, di sistem operasi tersebut menunjukan waktu yang benar. Namun saat teman-teman menggunakan sistem operasi Windows, pada sistem operasi Windows tersebut menunjukan waktu yang salah atau adanya perbedaan waktu.

Hal tersebut biasanya terjadi karena komputer atau laptop teman-teman yang menggunakan dua buah sistem operasi Linux dan Windows terhubung dengan internet dan teman-teman melakukan settingan jam dan tanggal secara otomatis.

Advertisements

Tapi tenang saja karena teman-teman tidak sendirian yang mengalami hal tersebut. Teman-teman dapat memperbaiki masalah perbedaan waktu tersebut dengan membuka terminal di Linux lalu masukan perintah seperti dibawah ini :

timedatectl set-local-rtc 1

Setelah memasukan perintah tersebut, silahkan teman-teman restart komputernya dan coba masuk ke sistem operasi Windows. Nanti pasti masalah perbedaan waktu pada saat menggunakan sistem operasi Linux ataupun Windows sudah teratasi.

Advertisements

Mengapa hal tersebut bisa terjadi, itu karena hardware jam atau yang biasa disebut juga dengan real time clock (RTC) atau Bios/CMOS clock. Settingan waktu tersebut berada di luar sistem operasi dan tersimpan didalam motherboard computer yang terus berjalan walaupun teman-teman sudah mematikan komputernya.

Saat komputer kembali dinyalakan , hardware jam dibaca dan di set pada sistem jam. Selanjutnya sistem waktu tersebut digunakan untuk melakukan tracking waktu. Kalau sistem operasi yang teman-teman gunakan membuat perubahan apapun pada sistem jam, misalnya seperti mengganti time zone maka hardware jam tersebut akan melakukan sinkronisasi informasi pada perangkat waktu.

Secara default, sistem operasi Linux mengasumsikan kalau pengaturan waktu disimpan di hardware jam dengan format UTC, bukan waktu lokal. Sedangkan di motherboard, sistem operasi Windows menganggap kalau waktu yang disimpan pada hardware adalah waktu lokal, dan hal tersebutlah yang membuat masalah perbedaan waktu tersebut terjadi.

Oke jadi seperti itulah bagaimana cara untuk melakukan atau mengatasi masalah perbedaan waktu pada komputer yang menggunakan dua buah sistem operasi yang berbeda.

Semoga tutorial sederhana ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan informasi dan juga tips dan trik lainnya. Sampai bertemu lagi.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *