Thursday , August 16 2018
Home / The Lounge / Tips dan Trik / Mengatasi Komputer Yang Restart Terus dan Tidak Bisa Masuk Windows

Mengatasi Komputer Yang Restart Terus dan Tidak Bisa Masuk Windows

foto : wikipedia

Mengatasi Komputer Yang Restart Terus dan Tidak Bisa Masuk Windows

lebakcyber.net – Kalau kamu memiliki komputer yang terus-terusan melakukan restart dan bahkan tidak bisa masuk ke dalam Windows pasti akan sangat menjengkelkan bukan. Para pengguna komputer saat ini memang sudah sangat terbiasa dalam melakukan berbagai pekerjaan dengan komputer, namun selain itu para pengguna komputer juga harus mampu mengatasi komputer yang restart terus dan tidak bisa masuk Windows yang bisa menghambat jalamnya pekerjaan sehari-hari.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa cara mengatasi komputer yang restart terus dan tidak bisa masuk ke Windows, dan berikut ini adalah beberapa penyebab komputer restart terus dan tidak bisa masuk kedalam Windows.

  • Terdapat masalah pada bios

Bios berfungsi untuk menghubungkan segala macam perangkat dalam sebuah CPU. Bios sendiri terletak didalam motherboard, dan masalah pada bios merupakan masalah yang paling sering terjadi kalau komputer kamu tidak bisa masuk kedalam Windows. Untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa masuk kedalam Bios pada saat komputer melakukan proses booting untuk memeriksa apakah Bios dalam kondisi baik atau tidak. Cara untuk masuk kedalam Bios bisa berbeda-beda tergantung dari jenis motherboard yang digunakan, ada yang dengan cara menekan tombol Del saat proses komputer booting, menekan tombol Delete, menekan tombol F2 atau dengan menekan tombol F9 atau F10. Jadi silahkan sesuai saja dengan jenis motherboard yang kalian gunakan.

  • Terdapat Masalah Pada Sistem Operasi

Kalau sistem operasi yang kamu gunakan memiliki masalah yang cukup besar, biasanya bisa menjadi salah satu penyebab komputer kamu tidak bisa masuk kedalam Windows. Kerusakan pada Windows sendiri bisa terjadi karena ada file Windows yang rusak atau ada file penting yang dibutuhkan oleh Windows corrupt.

Cara mengatasi masalah yang ada pada sistem operasi Windows bisa dengan menggunakan fitur ‘repair windows’ ataupun tools tambahan lainnya. Namun jika dengan menggunakan fitur repair windows masalah belum juga bisa diselesaikan, mungkin melakukan instal ulang pada komputer kamu bisa menjadi salah satunya jalan untuk memperbaiki Windows yang bermasalah tersebut.

  • Terdapat masalah pada Hardisk

Hardisk merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan berbagai sistem yang dibutuhkan oleh sistem operasi ataupun juga bisa digunakan untuk menyimpan berbagai file seperti kerjaan, foto, musik ataupun video. Kalau hardisk kamu bermasalah bisa menyebabkan komputer kamu menjadi sering hang atau melakukan restart secara terus menerus.

Kemungkinan hardisk yang bermasalah tersebut mengalami bad sector, sehingga proses penyimpanan dan juga pembacaan file menjadi terganggu. Untuk mengatasi masalah bad sector tersebut kamu bisa melakukannya dengan menggunakan software tertentu. Dimana software tersebut digunakan untuk memeriksa apakah ada bad sector pada hardisk atau tidak, kalau ditemukan adanya bad sector maka software tersebut akan mencoba untuk memperbaikinya.

  • Masalah Blue Screen

Blue Screen merupakan salah satu error fatal yang bisa terjadi pada sistem operasi Windows, blue screen sendiri menandakan bahwa ada masalah pada sistem operasi Windows yang kamu gunakan. Penyebab terjadinya blue screen adalah adanya masalah pada hardware yang kamu gunakan.

Ikuti langkah – langkah dibawah ini untuk mengatasi blue screen pada sistem operasi windows.

  1. Keluarkan memori RAM
  2. Bersihkan kaki-kaki tembaga pada ram dengan menggunakan kain halus atau bisa juga dengan menggunakan penghapus pensil.
  3. Pasang kembali RAM ke Motherboard

Langkah diatas biasanya berhasil untuk mengatasi masalah Blue Screen pada komputer.

  • Komputer Terjangkit Virus

Virus memang bisa menyebabkan berbagi efek pada sistem operasi yang digunakan. Salah satunya adalah komputer selalu mengalami restart dan membuat komputer bekerja dengan berat karena memori atau ram pada komputer habis digunakan oleh virus. Untuk mengatasi masalah tersebut ada baiknya kamu menginstall anti virus dan selalu melakukan update anti virus tersebut secara berkala.

Itulah cara mengatasi komputer yang restart terus dan tidak bisa masuk Windows. Semoga beberapa cara diatas bisa mengatasi masalah yang sedang kamu hadapi dan tidak perlu mampir ke tempat reparasi komputer, jadi bisa irit pengeluaran kamu, hehehe.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *